PENGARUH PERAN AUDIT INTERNAL, DAN KOMPETENSI STAF AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN PSAK 109 (STUDI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DI KOTA BANDUNG)

Authors

  • Yati Nurhajati Politeknik LP3I

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26534

Keywords:

Audit Internal, Kompetensi Staf Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan, PSAK No109, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Abstract

Faktor utama masih banyak rakyat Indonesia belum menyalurkan zakatnya ke lembaga zakat akibat ketidak percayaan pada lembaga zakat. Dengan demikian lembaga Amil Zakat sebagai lembaga yang harus bertanggungjawab untuk mengumpulkan dan mendistribusikan dana zakat masyarakat, perlu meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan membuktikan tingkat kesesuaian pengakuan, pengukuran, penyajian transaksi zakat, infaq dan shadaqah dalam pembuatan laporan keuangan dengan PSAK No 109. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Audit internal, dan Kompetensi staf akuntansi terhadap Kualitas laporan keuangan berdasar penerapan PSAK No109. Kebaharuan yang ingin ditemukan dalam penelitian ini adalah model penelitian itu sendiri yaitu mengetahui besar pengaruh Peran Audit internal, dan Kompetensi staf akuntansi terhadap Kualitas laporan keuangan berdasar penerapan PSAK No109 yang dibantu aplikasi akuntansi. Untuk tujuan jangka panjang yang ingin dicapai adalah memberikan kerangka strategi penyusunan pelaporan keuangan berdasar penerapan PSAK No109 dengan menggunakan applikasi akuntansi dan masukan untuk regulator akuntansi syariah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen kuesioner, wawancara tatap muka, focus group discussions (FGF), dan dokumentasi yang dilaksanakan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kota Bandung  Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan PLS.

References

Fathony, Aditya Achmad, dan Fatimah, Ima. (2017) Pengaruh penerapan psak 109 dan uu nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat terhadap akuntabilitas publik di lembaga amil zakat pusat zakat umat persis bandung. Jurnal Ilmiah Akuntansi. 8 (1). 10-21. Di unduh dari

Dariana, Ruzita. (2019). Pengaruh penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan 109 terhadap implementasi good governance. (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bengkalis). JAS (Jurnal Akuntansi Syariah). 3 (2). 147-157.

Din. (2024. Jan). Amazing! Potensi Zakat Kota Bandung Capai Rp1,6 Triliun, Yuk Tunaikan Kewajiban Di unduh dari:

Budiantoro, Harry., Junika, Windy., Lapae, Kanaya., Ningsih, H.A.T., dan Primadini., Adinda. (2022). Pengaruh peranan audit internal, sistem pengendalian internal, dan kompetensi staf akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. 4 (5).

Fitri, Nilam Alifia Rizqa. (2019). Faktor-faktor yang menjadikan muzakki berzakat pada lembaga amil zakat muhammadiyah kabupaten gresik. (Tesis tidak Dipublikasikan). Universitas brawijaya malang..

Baysuny, Mb muhammad. (2018). Analisi laporan keuangan zakat infaq dan sedekah berdasarkan psak 109 (studi kasus dompet dhuafa). (Tesis tidak Dipublikasikan). STEI Indonesia. Diunduh dari :

Kemenag RI Sul sel. (2024, Jan) Audit Internal di BAZNAS Kabupaten Pinrang. Diunduh dari

Muflihah, Rini., dan Wahid, Nisa Noor. (2019). Analisis penerapan psak no. 109 pada lembaga amil zakat, infak dan shadaqah di kota TASIKMALAYA. Jurnal Akuntansi , 2019; 14 (1). 13-21.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nurhajati , Y. . (2023). PENGARUH PERAN AUDIT INTERNAL, DAN KOMPETENSI STAF AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN PSAK 109 (STUDI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DI KOTA BANDUNG). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4324–4329. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26534