MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Shodikun Shodikun UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Slamet Untung UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Zaenal Mustakim UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26489

Keywords:

Islam, Manajemen, Tenaga Kependidikan Islam

Abstract

Tujuan penulisan karya ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis konsep manajemen tenaga kependidikan islam. Dalam penelitian tinjauan pustaka tentang manajemen tenaga kependidikan Islam, langkah pertama adalah mengidentifikasi sumber-sumber teoritis yang relevan, termasuk buku, artikel jurnal, dan dokumen resmi. Sumber data mencakup literatur ilmiah, dokumen terkait manajemen, serta wawancara dengan ahli pendidikan Islam dan praktisi manajemen. Teknik pengumpulan data meliputi pencarian literatur online, studi dokumen, dan wawancara, sementara analisis data dapat dilakukan secara kualitatif atau deskriptif. Hasil karya ini yaitu pendidikan Islam membutuhkan tenaga pendidik yang tidak hanya kompeten akademis tetapi juga sebagai contoh perilaku mulia. Teori pendidikan menyoroti perlunya dukungan penuh dari tenaga kependidikan yang berkualitas dalam proses belajar. Dari segi manajemen, teori-teori seperti yang diusulkan oleh Terry dan Fayol menekankan perencanaan, pengorganisasian, motivasi, dan pengendalian untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendekatan manajemen komprehensif, dengan referensi pada teori POCCC Fayol dan POAC Terry, memberikan kerangka kerja untuk mengatasi problematika tenaga kependidikan Islam di Indonesia. Ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, motivasi, dan pengendalian untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Prinsip-prinsip Islam dalam manajemen tenaga kependidikan menekankan penempatan berbasis kompetensi dan pembinaan nilai, memperkuat karakter dan profesionalisme tenaga kependidikan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, manajemen tenaga kependidikan membentuk karakter sesuai dengan nilai-nilai Islam.

References

Akilah, F. (2018). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 518–534.

Aminuddin, A., & Kamaliah, K. (2022). Perencanaan Pendidikan Agama Islam Kontemporer. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 56–64.

Arsyam, M. (2020). Manajemen pendidikan islam.

Bayu, B. S. (2020). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di paud it alhamdulillah yogyakarta. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 34–50.

Budi Harto, S. E., Nugroho, R. J., Saragih, M. M. S., SE, M. M., Syadzili, M. F. R., Fachrurazi, H., & MM, S. A. (2021). DASAR Manajemen Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi sekolah sebagai upaya penciptaan masyarakat pebelajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(2), 153–166.

Bukh?r?, M. I., & Khan, M. M. (1997). ?a??? Al-Bukh?r?: The Translation of the Meanings of Sahih Al-Bukhari?: Arabic-English (Issue v. 5). Darussalam Pub. & Distr.

Danil, D. (2017). Upaya profesionalisme guru dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah (Study Deskriptif Lapangan di Sekolah Madrasah Aliyah Cilawu Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 30–40.

Ekawati, F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT. Jurnal ISEMA: Islamic Educational Management, 3(2), 118–139.

Faisal, F., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Sistem Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Berbasis Simdik Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 77–85.

Fathoni, T. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Islam Orang Tua Terhadap Karakter Religius Peserta Didik. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Fathoni, T. (2024). Strategi Pembinaan dan Pengembangan Kepala Sekolah. Global Education Journal, 2(1), 63–71.

Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan. Deepublish.

Hermawan, I., Supiana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru di Era Society 5.0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 117–136.

Heryani, A., & Iskandar, A. (2023). BIROKRASI INDONESIA. Mafy Media Literasi Indonesia.

Hofstede, G., Neuijen, B., Ohayv, D. D., & Sanders, G. (1990). Measuring organizational cultures: A qualitative and quantitative study across twenty cases. Administrative Science Quarterly, 286–316.

INDRIYANI, A. (2021). Manajemen Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Purworejo. Universitas Jenderal Soedirman.

Karlina, K., & Rafeliya, T. (2023). Analisis Dampak Home Work Terhadap Kinerja Individu Dengan Efektivitas Tim. MANTRA (Jurnal Manajemen Strategis), 1(1), 1–8.

Khasanah, U. (2019). Kepemimpinan transformasional dalam manajemen pendidikan islam. Jakad Media Publishing.

Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81–102.

Komariyah, L., Amon, L., Wardhana, A., Priyandono, L., Poernomo, S. A., Januar, S., Satriawarman, T., Bustami, M. R., Pratama, P. A., & Sumantri, W. H. (2021). Manajemen Pendidik & Tenaga Kependidikan Abad 21. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Mashudi, A. (2019). Kebijakan PPDB Sistem Zonasi SMA/SMK dalam mendorong Pemerataan Kualitas Sumberdaya Manusia di Jawa Timur. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 186–206.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Nugroho, Y. A. B. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM: Teori dan Aplikasi. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.

Nurjali, N., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Al-Qur’an Dan Hadits Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam: Manajemen, Guru, Lingkungan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 20–37.

Nurrohmah, M. R., & Syahid, A. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 34–44.

Oliver, P. (1996). The Management of Educational Change: A Case-study Approach. Arena.

Pratiwi, I. (2021). Teori Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IAIN Ponorogo.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.

Pulungan, M. S. (2015). Kajian Evaluasi Tenaga Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kutai Kartanegara Provinsi Kaltim. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 7(1), 51–62.

Qomar, M. (2016). Manajemen pendidikan islam.

Rohman, M. (2016). Problematika Guru dan Dosen dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 49–71.

Sadikin, A., & Wedra, A. (2021). Implementasi Kode Etik Guru di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 09 Sungai Cubadak Baso Kabupaten Agam. Almufi Jurnal Pendidikan, 1(3), 154–159.

Setyawan, F. E. B., & Supriyanto, S. (2020). Manajemen rumah sakit. Zifatama Jawara.

Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan reward dalam manajemen sdm untuk meningkatkan motivasi guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234.

Soetari, E. (2017). Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islami. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 116–147.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100.

Subronto, S., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan islam: sistem pendidikan, pengelolaan pendidikan, dan tenaga pendidikan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 24–34.

Sulistyorini, M. P. I. K. (2009). Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Tahir, R., Yendri, O., Iswahyudi, M. S., Waty, E., Yudhanegara, F., Sigamura, R. K., Akhmad, A., Haryadi, D., Hindarwati, E. N., & Elshifa, A. (2023). MANAJEMEN: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Terry, G. R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan:(Formal, Non Formal, dan Informal). Deepublish.

Ulyani, A. S., & Zohriah, A. (2023). Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 11–22.

Zaenal Arifin, S. T., & Kom, M. (n.d.). Pengantar Manajemen Proyek.

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Shodikun, S., Untung, S. ., & Mustakim, Z. (2024). MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3738–3747. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26489