PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BOOKLET PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X DI SMKN 1 PLAKAT TINGGI

Authors

  • Restutiasih Restutiasih Universitas PGRI Palembang
  • Depi Pramika Universitas PGRI Palembang
  • Riswan Aradea Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26328

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Booklet, Mata Pelajaran, Perbankan,

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis booklet pada mata pelajaran perbankan dasar untuk siswa kelas X yang di kembangkan mampu menjelaskan materi mengenai sub materi sistem moneter di Indonesia secara jelas dan bahasa yang di gunakan sesuai dengan pemahaman siswa seusianya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode PPE (Planning, Production, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan untuk mendapatkan hasil dari pengembangan yaitu menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis booklet  pada mata pelajaran perbankan dasar untuk siswa kelas X di SMKN 1 Plakat Tinggi sangat praktis untuk di gunakan dalam pembelajaran. Kemudian pada uji coba terbatas yang di lakukan pada 10 siswa untuk menguji hasil belajar menggunakan booklet mendapatkan persentase 80% dengan kriteria sangat tinggi dan mendapatkan persentase 20% dengan kriteria tinggi dengan rata-rata 91% mendapatkan kriteria sangat tinggi. Dengan analisis data di atas dapat di simpulkan bahwa booklet dapat di gunakan sebagai solusi media pembelajaran yang efektif.

References

Aradea dan Harapan. (2019). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Humanistik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kewirausahaan. JMKSP(Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).

Arikunto. (2021). Prosedur Penelitian (15th ed.). PT RINEKA CIPTA.

Diki, S. A. A., Mukmin, B. A., & Wenda, D. N. (2022). Pengembangan bahan ajar booklet berbasis kontekstual pada materi sumber energi untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 159–164.

Kemendikbud. (2018). Panduan penilaian K13 SMK.

Kusumo. (2023). Jenis-Jenis Media Pembelajaran.

Meriyani, Yulaini dan Aradea. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Education Research 1, 101-109.

Pramika dan Sari. (2020). Pengembangan Booklet dengan Pendampingan Video Tutorial sebagai Media. Economic Education Analysis Journal, 959-971.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan (Sofia Yustiyani Suryandari (ed.); 5th ed.). ALFABETA, cv. www.cvalfabeta.com

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Restutiasih, R., Pramika, D. ., & Aradea, R. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BOOKLET PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X DI SMKN 1 PLAKAT TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 3182–3190. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26328