PENGARUH PENGGUNA MEDIA VIDIO NUSA DAN RARA TERHADAP PERILAKU GRATITUDE PADA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hafnidar Hafnidar Universitas Malikussaleh
  • Revi Astria Universitas Malikussaleh
  • Putri Hidayati Universitas Malikussaleh
  • Intan Humayrah Universitas Malikussaleh
  • Isyara Destri Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.26245

Keywords:

Media Video Pembelajaran, Gratitude, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media video Nussa dan Rara terhadap perilaku rasa syukur pada siswa sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa Sekolah Dasar berusia 10-12 tahun, dengan 10 siswa dari SDN 1 sebagai kelompok eksperimen dan 10 siswa dari MIN 15 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Rasa Syukur yang telah diadaptasi oleh peneliti, yang terdiri dari 6 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai rasa syukur yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan skor mean antara kedua kelompok, di mana kelompok eksperimen memiliki mean sebesar 1.700 sedangkan kelompok kontrol memiliki mean sebesar 0.000. Standar deviasi pada kelompok eksperimen adalah 0.823, sedangkan pada kelompok kontrol adalah 0.471. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai Sig sebesar 0.409, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari menonton video Nussa dan Rara terhadap perilaku rasa syukur pada anak usia 10-12 tahun. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran dalam bentuk video aniamsi seperti Nussa dan Rara efektif meningkatkan kebiasaan positif pada siswa sekolah dasar.

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.

Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2004). "The Psychology of Gratitude". Oxford University Press.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Haristy, D,R. Enawaty, E. & Lestari, I. (2018). Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Di Sma Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan

Mahardika, I. G. N. B., & Halimah, C. N. (2017). Pengaruh Emosi Positif Terhadap Kepuasan Hidup Dengan Gratitude Sebagai Mediasi Pada Karyawan. Jurnal Psikologi, 1(1), 21-30.

Rahmaniati, Rita. & Amano Supra. (2015). Pembelajaran I–Sets ( Islamic, Science, Environment, Technology And Society) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Anterior Jurnal

Prabowo, A. (2017). Gratitude dan Psychological Wellbeing pada Remaja. Jurnal Ilmu Psikologi Terapan, 5(2),

Putri, S. J. & Nadlif, A. (2023). Penerapan Film Animasi Nussa Dan Rara Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1140-1149.

Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “nussa dan rara episode baik itu mudah” sebagai sarana penanaman karakter pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164-171.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Hafnidar, H. ., Astria, R. ., Hidayati, P. ., Humayrah, I. ., & Destri, I. . (2023). PENGARUH PENGGUNA MEDIA VIDIO NUSA DAN RARA TERHADAP PERILAKU GRATITUDE PADA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1210–1214. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.26245