STRATEGI PENGAJARAN MENYIMAK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII BUDISATRYA MEDAN

Authors

  • Ramadhan Saleh Lubis Universitas Prima Indonesia
  • Agi Sahrani Tarigan Universitas Prima Indonesia
  • Endang Suciati Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26158

Keywords:

Strategi Pengajaran, Menyimak, Pembelajaran Daring

Abstract

Menyimak merupakan suatu kegiatan mendengarkan bunyi-bunyian dengan konsentrasi penuh dan pemusatan perhatian pada pemahaman guna mengelola informasi dan menangkap bunyi-bunyian yang diterima oleh indra orang yang mendengarkannya. Mendengarkan bunyi biasanya melalui bahasa lisan atau tulisan Mendengar mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan khususnya bagi siswa, Mendengarkan merupakan tahapan utama ketika proses mendengarkan berlangsung, biasanya otak akan berusaha memproses pesan yang disampaikan oleh suara. penuturnya berupa bahasa, sehingga untuk menyampaikan suatu pesan diperlukan perhatian yang baik. Penelitian ini membahas Strategi Pengajaran Mendengarkan untuk Proses Pembelajaran daring Penelitian yang bertujuan membantu guru memecahkan masalah mendengarkan siswa, serta membantu guru untuk mengembangkan strategi kreatif dan inovatif untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang berani, Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data langsung dan alami melalui kuesioner diberikan kepada responden. Seluruh informasi yang diperoleh dalam Penelitian ini berasal dari 30 siswa SMP khususnya kelas VII. Memperoleh data penelitian yang bersumber dari jawaban responden, penelitian ini membahas secara detail dan akurat mengenai Strategi Pengajaran menyimak untuk Proses Belajar darimg yang dapat dibuktikan kebenarannya

References

Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta.

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalammeningkatkanketerampilanbahasa.Penaliterasi,1(2),108.

Firman, F., &Rahayu, S. (2020). Pembelajaranonline Ditengahpandemicovid-19. Indonesian Journalofeducationalscience(Ijes),2(2),81–89.

Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar Dalamupaya Peningkatanhasilbelajarpendidikanagamaislam.Edureligia,3, 3–5.

Hayati,N.(2020).Pembelajarandierapandemi.Yogyakarta:Cv.Budiutama. Isnu,H.(2019).50strategipembelajaranpopuler.Yogyakarta:Divapress.

Ita Qullah, F. (2021). Pengembangan Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Santri Pada Perpustakaanminipesantrenpelajaral-Fathrejomulyokediri. Jurnalpengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 1(2), 4–5

Kurniasih,I.,&Sani,B.(2017).Ragampengembanganmodelpembelajaranuntukpeningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Kurniati,N.(2022).Pembelajarandaringdanproblematikanya.Jurnal

Pendidikandanpembelajaranmatematikaindonesia,11(1),19–26.

Murzal,&Ridwan.(2021).Pembelajarandaringpadamasapandemicovid-

Elmidad, 13(2),86–100.Https://Doi.Org/10.20414/Elmidad.V13i2.4338

Panut Setiono, Etika Handayani, Selvia, & Wahyu Widian.A. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajarandaringpadamasacovid-19disekolahdasar. Jurnalrisetpendidikan Dasar, 3, 5–6

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Lubis, R. S. ., Tarigan, A. S. . ., & Suciati, E. . (2024). STRATEGI PENGAJARAN MENYIMAK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII BUDISATRYA MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 3127–3134. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26158