PROBLEM DAN SOLUSI BULLYING PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Titin Patmawati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26058

Keywords:

Bullying, Problem dan Solusi, Pendidikan Islam

Abstract

Fenomena Bullying di kalangan masyarakat terutama dalam dunia Pendidikan masih sering berlangsung bahkan bertambah dengan berbagai bentuk. Berulangnya fenomena bullying mengindikasikan bahwa pelanggaran tersebut masih menjadi tantangan bagi dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali fenomena bullying dan pendidikan Islam serta problem dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying didunia pendidikan dapat terjadi secara individual maupun kelompok. Bullying di antara siswa memiliki beberapa bentuk yaitu bullying fisik, bullying verbal, bullying di dunia maya, dan bullying emosional. Bullying di lingkup siswa bisa berlangsung di berbagai tempat seperti kelas, luar kelas, ruang publik, dan di media sosial atau dunia maya. Pendidikan Islam sangat membantu dalam menanggulangi fenomena bullying ini dengan cara pengendalian diri dan menenamkan sifat egaliter, atau tidak membeda-bedakan suku, bangsa, dan agama, semuanya sama.

References

Achmad, U. (2013). Kritik Psikologi Sufistik terhadap Psikologi Modern: Studi Komparatif Pemikiran Al-Gazali dan Des- cartes. Konseling Religi, 4(1). https://doi.org/10.21043/kr.v4i1.1071

Achmadi. (2005). Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Te- osentris. Pustaka Pelajar.

Amin, M. (2021). Manusia Dalam Pandangan Islam. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(2).

Arif, K. M. (2022). Analisa Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islamperspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Dan Para Ulama. Tahzib Al-Akhlaq, 5(1). https://doi.org/10.34005/%20tahdzib.v5i1.1952

Arofa, I. Z., Hudaniah, & Zulfiana, U. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1).

Bakar, A. S. A. (2020). Sistem Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Kreatif, 1(1).

Bees, E., & Prasetya, B. E. A. (2016). Hubungan Kelekatan Ibu Dan Anak dengan Perilaku Bullying Anak Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(1). https://doi.org/10.24176/perseptual.v1i1.1075

Desiree. (2013). Bullying di Pesantren (Studi Deskriptif di Pesantren “X” Depok). Universitas Indonesia.

Haris, A., & Herlina. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi Perilaku Bullying di SMPN 2 Takalar. Educandum, 9(1).

Jalaluddin. (2016). Pendidikan Islam: Pendekatan Sistem dan Proses. PT. Ra-jaGrafindo Persada.

Nasrulloh, Moh. E. (2013). Pendidikan Islam Humanis Sebagai Solusi Kekerasan Dalam Pendidikan. UIN Maulana Malik Ibrahim, Skripsi.

Nurrohmah, F. S. (2017). Penanggulangan Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Telaah Buku Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep) Karya: Abd. Rahman Assegaf. IAIN Surakarta, 2(1), Skripsi.

Pam, N. (2010). The Gang, Violence, and the Life Course for Indonesian Male Youth. Paper for XVII World Congress of Sociology (ISA-RC34), Gothenburg(Sweden).

Sari, S. K. (2020). Bullying Dan Solusinya Dalam Al-Qurân. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 1(1), 63–76. https://doi.org/10.22515/ajipp.v1i1.2421

Sitasari, N. W. (2019). Guru Sebagai Agen Perubahan Perilaku Perundungan. Buletin Jagaddhita, 1(4).

Sofyan, N. H. (2019). Bullying di desantren: Interaksi Tasawuf dan Teori Pengembangan Fitrah dalam Pendidikan Islam. Journal of Islamic Studies and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.21580/jish.41.3842

Subki, M., Sugiarto, F., & Sumarlin. (2021). Penafsiran Q.S. Al-Hujurat [49] Ayat 13 Tentang Kesetaraan Gender Dalam Al-Qur’an Menurut Quraish Shihab Dan Sayyid Quthb (Studi Komparatif atas Tafsir al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalal-Qur’an). Jurnal AL FURQAN, 4(1).

Suryadarma, A. (2013). Paradigma Pesantren: Memperluas Horizon Kajian dan Aksi. UIN Maliki Press.

Wulaningtyas, F. P. A. (2015). Praktik Bullying Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Pada Masa Pkkmb Mahasiswa Angkatan 2012. Paradigma, 3(2).

Downloads

Published

2024-04-12

How to Cite

Patmawati, T. (2024). PROBLEM DAN SOLUSI BULLYING PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4741–4745. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26058