DESAIN BUKU SOAL CERITA MATEMATIKA KONTEKS BUDAYA BANGKA UNTUK SISWA KELAS V SD

Authors

  • Sisi Pitriyana Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Sasih Karnita Arafatun Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Aulia Rahma Hidayasa UPTD SDN 9 Pemali

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.26018

Keywords:

Buku Soal Cerita, Budaya Bangka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain buku soal cerita matematika konteks budaya bangka untuk siswa kelas V SD. Latar belakang dari penelitian ini adalah belum tersedianya buku soal cerita matematika konteks budaya bangka untuk siswa SD. Buku soal cerita matematika konteks budaya bangka juga belum menjadi fokus dalam pembelajaran matematika di SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan ini meliputi tahap-tahap sebagai berikut: Analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 9 Pemali, Bangka-Indonesia. Objek penelitiannya adalah kurikulum, siswa karakteristik dan evaluasi bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan yaitu:  a) analisis kebutuhan siswa terhadap masalah belajar berdasarkan buku soal cerita matematika konteks budaya bangka  sesuai dengan kurikulum, karakteristik siswa, materi pembelajaran dan tujuan. b) Hasil desain  buku soal cerita matematika konteks budaya bangka yang terdiri sampul depan dan belakang, pendahuluan, daftar isi, buku petunjuk, dasar kompetensi, informasi pendukung, langkah tindakan, dan latihan.

References

Haeruman, L.D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Influence of Discovery Model Learning About Improvement Mathematical Critical Thinking Ability And Self-Confidence Viewed From Students' Early Mathematical Capabilities East Bogor High School. Journal Research and Learning Mathematics, 10 (2), 157-168.

Syarif, M. (2017). Learning with Approach to Problem Solving For Improve the ability of Critical and creative thinking High School Mathematics Students. Journal Pearl Pedagogic, 1 (2), 92-101.

Sari, M., Susiswo., Nusantara, T. (2017). LKS Development Using Problem Creating Model To Improve Critical Thinking Ability of Class VIII Middle School students. Education Journal. 2 (6), 773-779.

Bergstrom, C. M., Pugh, K. J., Phillips, M. M., & Machlev, M. (2016). Effects of Problem-Based Learning on Recognition Learning and Transfer Accounting for GPA and Goal Orientation. THE JOURNAL OF EXPERIMENTAL EDUCATION, 84(4), 764–786. https://doi.org/10.1080/00220973.2015.1083521

Harahap, M. B. (2017). The Effect of Problem-Based Learning Assisted Concept Map to Problem-Solving Ability and Critical Thinking Ability. Journal of Education and Practice, 8(19), 60–65.

Simamora, R. E., Sidabutar, D. R., & Surya, E. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning ( PBL ) in Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(2), 321–331.

Saragih, S., & Habeahan, W. L. (2014). The Improving of Problem Solving Ability and Students ’ Creativity Mathematical by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, 5(35), 123–133.

Surya, E., Syahpurta, E., & Juniati, N. (2018). Effect of Problem Based Learning Toward Mathematical Communication Ability and Self-Regulated Learning. Journal of Education and Practice, 9(6), 14–23.

?nan, C., & Erku?, S. (2017). The Effect of Mathematical Worksheets Based on Multiple Intelligences Theory on the Academic Achievement of the Students in the 4 th Grade Primary School. Universal Journal of Educational Research, 5(8), 1372–1377. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050810

Indraningtias, D.A & Wijaya, A (2017) penelitian dengan judul: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 5.

Cahyono, A. E. Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem-Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inisiatif Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14052

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Jurnal Riset Pendidikan Matematika Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Pbl Untuk Mengembangkan Hots Siswa Sma. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(32), 189–197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631

Ika Lestari. (2013). Pengembangan BahanAjar Berbasis Kompetensi (Sesuaidengan Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan). Padang:Akademia Permata.134

Nurdyansyah., & Mutala’liah, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. eprints.umsida.ac.id

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. (D. Wijaya, Ed.). Yogyakarta: Diva Press.

Ristontowi. 2011. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Creative Problem Solving. Bandarlampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Sani, R. A. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Pitriyana, S. ., Arafatun, S. K. ., & Hidayasa, A. R. . (2024). DESAIN BUKU SOAL CERITA MATEMATIKA KONTEKS BUDAYA BANGKA UNTUK SISWA KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6702–6708. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.26018