ANALISIS NILAI YANG TERKANDUNG DALAM LAGU INDONESIA RAYA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH ANUBAN THAPAE PATANA THAILAND

Authors

  • Amir Hasanul Arif Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Baihaqi Siddik Lubis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25903

Keywords:

Makna lagu Indonesia Raya, memaknai lagu kebangsaan Indonesia Raya

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya adalah upaya sadar untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia melalui kegiatan mendorong dan memfasilitasi mereka untuk mengenal dunia pendidikan. Dengan demikian Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam mengetahui perubahan sosial. Pendidikan bertanggung jawab atas lahirnya seluruh generasi, sebagaimana dikatakan dalam definisi politik negara, khususnya keyakinan akan masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, adil, kompetitif, unggul, dan sejahtera, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditopang oleh masyarakat yang sehat dan tidak memihak. Salah satu identitas nasional negara Indonesia adalah lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selama beberapa dekade, tv sebagai media massa telah menjadi media paling terkenal untuk hiburan dan rekaman. Karena sifatnya yang dapat dilihat secara audio, televisi dapat memberikan tayangan lagu, film, sinetron pembersih, tayangan televisi, tayangan kebenaran, dan paket lain dengan bantuan penggunaan yang berkaitan dengan selebriti dari idola penonton. Lagu kebangsaan bukan hanya sebagai suatu simbol atau identitas bangsa namun memiliki makna arti penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Untuk maknanya, baik dari stanza 1 sampai 3, lagu Indonesia Raya tersebut menggambarkan tentang semangat Nasionalisme kepada bangsa Indonesia. selain itu terdapat makna patriotisme yang mana patriotisme adalah sikap berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Patriotisme berasal dari bahasa Inggris yaitu “patriotism” yang artinya “jiwa kepahlawanan”. Jiwa patriotisme telah ditunjukkan oleh para pejuang bangsa Indonesia dahulu kala pada saat berperang melawan penjajah. Sikap patriotisme ini terbentuk karena adanya rasa senasib seperjuangan sehingga menimbulkan semangat persatuan bagi para pejuang agar bisa terbebas dari penderitaan yang berkepanjangan di bawah penjajahan negara asing.

References

Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan, (2009).

Al-Hakim, S. D. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Konteks Indonesia. Madani.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak Publisher.

Aristin, R. (2017). Revitalisasi Makna Identitas Nasional Di Kalangan Generasi Muda. Patriotisme, Nasionalisme, Identitas Nasional., 2, 4–6.

Aziz, A. L. (2014). Penguatan Identitas Bahasa Indonesia Sebagai Lambang Identitas Nasional Dan Bahasa Persatuan Jelang Penerapan Masyarakat Ekonomi Asean ( Mea ) 2015. Studi Sosial, 6(1), 14–20.

Ikhsanudin, A. (2017). Siswa Wajib Nyanyikan Indonesia Raya 3 Stanza.

Sekawael, L., Salamor, L., Bakker, R., Studi Ppkn, P., & Pattimura, U. (2022). Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Nilai Nasionalisme Dalam Lagu Indonesia Raya. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 1–11.

Sugiono. (2017). Politik Bahasa Nasional Dalam Era Otonomi Daerah.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugono. (2016). Politik Bahasa Nasional Dalam Era Otonomi Daerah.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Siregar, A. H. A. ., Nasution, I. S. ., & Lubis, B. S. . (2024). ANALISIS NILAI YANG TERKANDUNG DALAM LAGU INDONESIA RAYA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH ANUBAN THAPAE PATANA THAILAND. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2843–2850. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25903

Most read articles by the same author(s)