PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENERBITAN SURAT PENGANTAR PINDAH PENDUDUK TERHADAP KUALIATAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SAWO

Authors

  • Sadar Kurnia Telaumbanua Universitas Bina Sarana Informatika
  • Perlindungan F. Hulu Universitas Bina Sarana Informatika
  • Jeliswan Berkat Iman Jaya Gea Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ayler B. Ndraha Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25820

Keywords:

SOP, Kualitas, Pelayanan, Pengaruh.

Abstract

Salah satu hal krusial dalam mendukung efektivitas dan efisiensi layanan publik adalah melalui penyediaan panduan yang kuat dengan memperbaiki administrasi Pemerintahan, termasuk penyusunan serta implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) secara efisien. SOP menjadi panduan untuk menilai bagaimana kinerja instansi pemerintah berjalan, dengan mengacu pada indikator teknis, administratif, dan prosedural yang sesuai dengan dinamika kerja dalam organisasi tersebut sehingga diharapkan aparat Pemerintah Kecamatan Sawo dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerbitan Surat Pengantar Pindah Penduduk Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sawo. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan SPSS for window Versi 26. Populasi penelitian mencakup masyarakat yang mengurus surat pengantar pindah penduduk di Kantor Kecamatan Sawo dari bulan Januari s.d. Desember 2022 sebanyak 120 orang. Dengan demikian sampel yang digunakan 25 % dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji reliabilitas dengan nilai Cronbach’s alpha Standar Operasional Prosedur (SOP) X sebesar 0,691 > 0.60 sehingga kuisioner tersebut reliable dan Kualitas Pelayanan Y sebesar 0,735 > 0.60 sehingga kuisioner tersebut reliable. Uji Normalitas dengan nilai signifikansi Asiymp.Sig (2- tailed) sebesar 0,901 > Sig 0,05. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dengan demikian, asumsi atau persyaratan normalitas dalam model regresi sudah terpenuhi. Dengan demikian Hipotesis menerangkan "Ha diterima dan Ho ditolak", maka Standar Operasional Prosedur (SOP) berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan. Atau semakin baik Standar Operasional Prosedur (SOP) semakin mempengaruhi Kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Sawo.

References

Angih Wanabankti, dan Nelman, (2019), Pengaruh pelatihan, penerapan SOP, Reward Sistem, Lingkungan kerja, dan peralatan terhadap produktivitas pegawai pada Bengkel Toyota PT. Hadji Kalla Makassar. Skripsi.

Darmono, (2019), Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Dzikira, F. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasa Konsumen Pada Bengkel Mobil UD. Sari Motor di Pekanbaru Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review 11,(3), 262-267.

Fatimah, dkk. (2019). Strategi Pintar Menyusun SOP. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Gareth R. Jones. (2019). Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Layanan Pada Pt. Taspen (Pesero) Cabang Manado. Jurnal EMBA, vol.9, 572-581.

Hartatik, Puji Indah. (2019). Buku Praktis Mengembangkan SDM. Yogyakarta: Suka Buku.

Indah Puji, (2019), Buku Praktis Mengembagkan SDM. Laksana. Yogjakarta.

Kasma, Juan. (2018). Standar Operating Procedure (SOP) Perpajakan Perusahaan Jasa. Jakarta: Alfabeta.

M. Manullang, (2018), Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integrative, UIN Malang Press, Malang.

Moekijat. (2018). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: DFFE.

Mulyadi, D., (2019), Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan,. Alfbeta, Bandung.

Nur’Aini, Fajar. (2018). Pedoman Praktis Menyusun SOP. Yogyakarta: Quadrant.

Nurmin Arianto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalolitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor Jurnal Pemasaran Kompetitif 1(2), 83-101.

R. Supomo dan Eti Nurhayati. (2018). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Sailendra, Annie. (2018). Langkah-Langkah Praktis Membuat SOP. Yogyakarta: Trans Idea Publising.

Subekti dan Mohammad. (2018). Manajemen Sumber daya Manusia, Deepublish. Yogyakarta.

Soemohadiwidjoyo, (2018), Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi, Yogyakarta.

Tambunan, Rudi M., (2019), Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP). Maiestas publishing. Jakarta.

Tanjung, Adrian dan Bambang Subagjo. (2018). Panduan Praktis Menyusun Standar Oprasional Prosedur (SOP) Instansi Pemerintah. Yogyakarta. Total Media.

Tjipto Atmoko. (2019). Standar Operasional Prosedur dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 5, No. 2

Wibowo. (2020). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Telaumbanua, S. K. ., Hulu, P. F. ., Gea, J. B. I. J. ., & Ndraha, A. B. . (2024). PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENERBITAN SURAT PENGANTAR PINDAH PENDUDUK TERHADAP KUALIATAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SAWO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2751–2759. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25820