ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAUMERE PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

Authors

  • Sisilia Yulnesty Ina Sidok Universitas Nusa Nipa
  • Bertolomeus Haryanto Agung Universitas Nusa Nipa
  • Kristiana Nathalia Wea Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25661

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Minat Belajar Siswa

Abstract

Keterampilan proses sains merupkan suatu aspek keterampilan yang penting bagi siswa guna mengaplikasikan dan mengembangkan konsep-konsep sains yang diperolehnya. Dalam upaya peningkatan kemampuan keterampilan proses sains siswa, diperlukan sebuah model pembelajaran yang sesuai. Pada penelitian ini digunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Maumere pada materi energi terbarukan. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.  Dipilih 36 siswa dari kelas XF sebagai sampel dari keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Maumere tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan meliputi LKPD dan angket minat belajar. Data diperoleh dengan melakukan observasi saat pembelajaran dan menyebarkan angket setelah selesai pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen berdampak signifikan terhadap peningkatan minat belajar dan keterampilan proses sains siswa. Analisis LKPD menunjukkan bahwa rata-rata setiap indikator keterampilan proses sains dikategorikan tinggi dengan rata-rata ketercapaian sebsar 78,56%. Hasil analisis angket menunjukkan minat belajar siswa dapat dikategorikan sangat tinggi untuk keseluruhan indikator dengan rata-rata ketercapaiannya sebesar 82,51%.

References

Alfiani, Ayunita. 2021. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 MAKASSAR.” Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, no. 3: 170–77.

Andira, Piska Ayu, Andriani Utami, Mirli Astriana, and Ahmad Walid. 2022. “Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa.” Pionir: Jurnal Pendidikan 11 (1): 46–57. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087.

Azwar, Saifuddin. 2007. Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyono, Agus, and Hartini Hartini. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA.” Wacana Didaktika Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains 4 (2): 141–49. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149.

Fatminastiti. 2016. “Cara Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 129–38.

Fitriyani, Riska, Sri Haryani, and Budi Susatyo. 2017. “Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 11: 1957–70.

Hediana, Pratiwi Putri, and Tutut Nurita. 2022. “PENSA E-JURNAL?: PENDIDIKAN SAINS” 10 (2): 167–71.

Liandari, Eka, Parsaoran Siahaan, Ida Kaniawati, and Isnaini Isnaini. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Merumuskan Dan Menguji Hipotesis Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dengan Metode Praktikum.” Jurnal WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2 (1): 50–55. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4904.

Mahardika, I Ketut, Firdha Yusmar, Rizka Elan Fadilah, Amelia Fiska, Fajar Cahyani, febi lusiana Marta, and Aulia Salsabila. 2022. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Di SDN Ajung 3 Kelas 5.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8 (23): 428–33.

Putri, Restu Yudistira, Sudarti, and Trapsilo Prihandono. 2022. “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum.” Jurnal Edumaspul 6 (1): 497–502.

Suwandari, Putri, Muhammad Taufik, and Satutik Rahayu. 2018. “Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi Volume 4 No.1, Juni 2018.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 4 (2): 82–89.

Tawil, Muhammad, and Liliasari. 2014. Keterampilan-Keterampilan Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Universitas Negeri Makasar.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka. https://laser.umm.ac.id/catalog-detail-copy/100001292/.

Wahyuni, Roni, Hikmawati Hikmawati, and Muhammad Taufik. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 2 (4): 164–69. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.308.

Wijaya, Hardi, Yuliana, Arwin, Weny, and Sutarno. 2021. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMA Diponegoro Kisaran.” Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI) 3 (1): 268–72.

Yeritia, Suci, Wahyudi, and Satutik Rahayu. 2017. “Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume 3 No.2, Desember 2017.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) 3 (2): 181–87.

Yunita, Norma, and Tutut Nurita. 2021. “Pendidikan Sains Daring.” Pensa E-Jurnal?: Pendidikan Sains 9 (3): 378–85.

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Sidok, S. Y. I. ., Agung, B. H. ., & Wea, K. N. . (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAUMERE PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2095–21012. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25661