ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME ETNIS DAN AGAMA PADA MATERI-MATERI DALAM BUKU TEKS SEJARAH SMA TERBUKA KELAS X DAN XI

Authors

  • Iis Husnul Hotimah Universitas Negeri Gorontalo
  • Rermiyati Yunus Universitas Negeri Gorontalo
  • Ismaul Fitroh Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25477

Keywords:

Buku Teks Sejarah, Pembelajaran Sejarah, Multikulturalisme

Abstract

Tulisan ini menyoroti bagaimana nilai-nilai multikulturalisme etnis dan agama tergambarkan dengan baik dalam buku teks sejarah SMA. Hal ini menjadi penting untuk dianalisis karena pendidikan harus merepresentasikan budaya peserta didik khususnya dalam pembelajaran sejarah. Selain dalam pembelajaran, multikulturalisme etnis dan budaya juga harus tergambar dengan baik dalam sumber bacaan dan belajar siswa yaitu buku teks. Metode yang digunakan dalam tulisan ini ialah analisis konten dengan indikator yang sudah dikembangkan oleh penulis berdasarkan pada aturan penulisan buku teks menurut beberapa ahli. Selain itu indikator mengenai multikulturalisme juga dikembangkan berdasarkan teori dari beberapa ahli. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak semua tema dalam buku teks mengandung nilai-nilai atau unsur multikulturalisme etnis dan agama. Selain itu pada buku teks yang dianalisis tidak terdapat nilai-nilai multikulturalisme dari tokoh-tokoh sejarah. Nilai-nilai multikulturalisme seperti salah satunya toleransi sudah seharusnya tergambar dengan jelas dalam buku teks dan dalam pembelajaran sejarah, karena peserta didik hidup dilingkungan yang secara etnis maupun agama beragam.

References

Buku

Aly, A. (2011). Pendidikan Islam Multikultural Di Pesantren.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Horton, J. (2001). Liberalism, Multiculturalism, and Toleration. New York: Palgrave.

Naim, N., & Sauqi,A. (2011). Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplkasi. Yogyakarta. AR-Ruzz Media.

Mahfud, C. (2016). Pendidikan Multikultual. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Rustanto, B. (2015). Masyarakat Multikultural Indonesia.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Wineburg, S. (2000). Making Historical Sense In Knowing, Teaching, and Learning History: National and International Perspectives. Edited by Peter N. Stearns, Peter Seixas and Sam Wineburg. New York: New York University Press.

Jurnal

Ambarudin, Ibnu R. 2016. Pendidikan Multikultural untuk membangun bangsa yang Nasionalis Religius. Jurnal Civics, 13(1). 28-45

Lionar, Uun. 2017. Identifikasi Nilai Multikulturalisme Dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah Indonesia Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26(1). 64-73.

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan multikultural dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 13, No.1, hlm.78-91.

Rosyada, Dede. 2014. Pendidikan Multikultural di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. Jurnal Sosio Didaktika, 1(1). Hlm 1-12

Sudrajat. (2014). Revitalisasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Pondasi dan Aplikasi. Vol.2, No.1, Hlm.82-90.

Saripudin, D. & Komalasari, K. (2016). The Development of Multiculturalism Values in Indonesian History Textbook. American Journal of Applied Sciences. Vol 13(6). P. 827.835.

Sjamsuddin, H. (2000). Penulisan buku teks sejarah: Kriteria dan permasalahannya. Historia. J. Pendidikan Sejarah.

Wiyanarti, E. (2012). Model pembelajaran kontekstual dalam pengembangan Pembelajaran Sejarah. Bahan Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Hotimah, I. H. ., Yunus, R. ., & Fitroh, I. . (2024). ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME ETNIS DAN AGAMA PADA MATERI-MATERI DALAM BUKU TEKS SEJARAH SMA TERBUKA KELAS X DAN XI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 3003–3011. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25477