PENGARUH PROFITABILITAS, OPINI AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN, DAN SOLVABILITAS TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • Krisna Ilyas Institut Kesehatan dan Bisnis St.Fatimah Mamuju
  • Andi Nurhasanah Institut Kesehatan dan Bisnis St.Fatimah Mamuju
  • Ayu Sri Wahyuni Institut Kesehatan dan Bisnis St.Fatimah Mamuju
  • Windi Ariani Institut Kesehatan dan Bisnis St.Fatimah Mamuju
  • Sandi Sandi Institut Kesehatan dan Bisnis St.Fatimah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25374

Keywords:

Profitabilitas, Opini, Ukuran Perusahaan, Solvabilitas Dan Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji profitabilitas, opini audit, ukuran perusahaan dan solvabilitas terhadap ketepatan pelaporan keuangan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data dalam penelitian ini, diperoleh dari laporan keuangan perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan mengunjungi bursa efek Indonesia (idx.co.id). Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara persial profitabilitas, opini, ukuran perusahaan dan solvabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan.

References

Adhi, Wahyu. 2010. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Damayanti, M. L. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Opini Audit Terhadap Audit Report Lag Perusahaan Manufaktur. Ringkasan Skripsi Akuntansi, 1–25. Retrieved from http://repository.stieykpn.ac.id/549/

Dewi, Sofia Prima; Jusia. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntansi. Vol. 17, No. 3

Dwiyanti, R. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro, Semarang.

Imaniar, Fitrah Qulukhil. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan keuangan perusahaan. Jurnal Ilmu Riset dan Akuntansi, Vol 5 No 6.

Irawan, Ekky Anandika. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan keuangan perusahaan Perbankan Go Publik Di Bursa Efek Indonesia. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Ifada, L.2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Di BEJ). Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.

Ningsih, D. H. R. (2019). Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(4), 1–19.

Pradipta, Dedik Norman. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 6, No. 3

Respati, Novita Wening Tyas. 2011. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan studi empiris di Bursa Efek Jakarta. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Rianti, Rensi. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Risnawati, M., & Halimatusadiah, E. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Penghindaran Pajak. Bandung Conference …, 1(2), 914–917.

Saputra, Komang Wahyu Surya. 2017. Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Dengan Opini Audit Sebagai Variabel Pemoderasi.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Sokoco, Agus. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Waluyo, Hilman Anugrah. Dan Herawati, Vinola. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Opini Audit Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Program MagisterAkuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Ilyas, K. ., Nurhasanah, A. ., Wahyuni, A. S. ., Ariani, W., & Sandi, S. (2024). PENGARUH PROFITABILITAS, OPINI AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN, DAN SOLVABILITAS TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1614–1624. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25374