PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MORAL SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DHUHUR DI LEMBAGA MA. HIDAYATUL ULUM BULU PRAGAAN DAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Faizun Najah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan
  • Ach. Syamsur Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25320

Keywords:

Moral Siswa, Peran Guru, Shalat Berjamaah

Abstract

Guru bukan hanya sebagai pendidik yang memberikan teori dan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada setiap peserta didiknya kemudian selesai. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan moral siswa melalui pembiasaan shalat berjamaah Dhuhur serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam meningkatkan moral siswa melalui pembiasaan shalat berjamaah Dhuhur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran guru dalam meningkatkan moral siswa melalui pembiasaan shalat berjamaah Dhuhur di MA Hidayatul Ulum adalah meliputi peran sebagai pembimbing, penasehat dan teladan bagi anak didiknya, dengan indikator meliputi ketaatan terhadap ajaran agama, tumbuhnya disiplin diri, memiliki rasa tanggung jawab, memiliki rasa keterbukaan, memiliki tatakrama dan sopan santun, memiliki rasa malu dan menumbuhkan kejujuran. Sedangkan Faktor pendukung dari peran guru dalam meningkatkan moral siswa melalui shalat berjamaah Dhuhur di MA Hidayatul Ulum adalah adanya dukungan wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan di mana siswa bergaul, penggunaan android dan rasa malas dari siswa itu sendiri.

References

Agustin, N. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter siswa. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1.

Baidowi, M. (2018). Sinergitas Guru Aqidah Akhlak dan Guru Fiqih dalam Membiasakan Kedisiplinan Sholat Berjamaah Peserta Didik MTs Darussalam Gayau Sakti Kec. Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. IAIN Metro.

Chairiyah, Y. (2021). Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 49–60.

Fatoni, T. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Local Wisdom (studi kasus di TK Islam PAS Munqidzatun Nasyi’ah Desa Wilangan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 49–62.

Fauziyah, A. (2017). Peran guru IPS dalam meningkatkan moral siswa Kelas VII di MTS Negeri Turen Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kasim, R. (2019). Peran Guru dalam Membentuk Moral Siswa SMA Muhammadiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Makassar: Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ….

Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini teori dan strateginya. Merdeka kreasi group.

Lestari, S. (2020). Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. CV. Pilar Nusantara.

Rifa’i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran).

Saadah, R., & Asy’ari, H. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–11.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Najah, F. ., & Syamsur, A. . (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MORAL SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DHUHUR DI LEMBAGA MA. HIDAYATUL ULUM BULU PRAGAAN DAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1542–1548. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25320