PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CAMTASIA STUDIO PADA MATA KULIAH ILMU TABLIGH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25319Keywords:
Media Pembelajaran, Camtasia Studio, Ilmu TablighAbstract
Media pembelajaran berbasis teknologi telah menjadi aspek penting dalam pengembangan pendidikan modern. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan Camtasia Studio sebagai alat utama dalam pengembangan media pembelajaran untuk mata kuliah Ilmu Tabligh. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami dan mempraktikkan prinsip-prinsip dakwah dalam konteks Islam. Penggunaan Camtasia Studio memungkinkan pembuatan video interaktif dan multimedia yang mendukung penyampaian materi dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini membahas langkah-langkah pengembangan media pembelajaran, termasuk perencanaan awal, penyusunan skrip, pengambilan gambar, pengeditan video, integrasi media handout, dan elemen interaktif. Media ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep Ilmu Tabligh dan memfasilitasi partisipasi aktif dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengembangan media ini mencakup analisis kebutuhan mahasiswa, desain instruksional yang sesuai, uji coba awal, evaluasi, dan perbaikan berkelanjutan. Selain itu, artikel ini merinci landasan teori yang mendasari pengembangan media pembelajaran, termasuk teori pembelajaran multimedia, konstruktivisme, dan pemodelan. Pengembangan media pembelajaran berbasis Camtasia Studio untuk mata kuliah Ilmu Tabligh memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan pemahaman konsep, dan memfasilitasi penerapan prinsip-prinsip dakwah dalam praktik. Dengan pemantauan dan umpan balik yang cermat, media ini dapat terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan siswa dan memperkuat pemahaman mereka tentang Ilmu Tabligh.References
Aji, Wisnu Nugroho. 2016. “Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.” 119–26.
Arif Sadiman., dkk. (2003). Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan dan Pemafaatannya). Jakarta: CV Rajawali.
Dariyadi, M. W. 2016. “Penggunaan Software ‘Camtasia Studio’ sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT [The Use of ‘Camtasia Studio’ Software as an ICT-Based Arabic Learning Media].” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II 207–2019.
Hasanah, Hasyim. 2016. “Arah Pengembangan Dakwah Melalui Sistem Komunikasi Islam.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4(1):131–56.
Hikmah, Vela Nur, dan Iin Purnamasari. 2017. “Pengembangan Video Animasi ‘Bang Dasi’ Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar.” 4(2):182–91. doi: 10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352.
Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.
Lestari, Dewi. 2012. Definisi Multimedia. Artikel Multimedia. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Pratama, Samuel Inrik Zona, Y. R. Subakti, dan Brigida Intan Printina. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Digital Sejarah Berbasis Articulate Storyline pada Materi Konsep Berpikir Dalam Sejarah Siswa Kelas X SMK.” Historia Vitae 01(02):61–68.
Putri, D. K. Refia. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosia (IPS).” Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi 7(1):62–70.
Sari, Nur Indah, Trisna Rukhman Al Ikhlas, Setria Utami Rizal, Muhammad Saleh, dan Luthfie Lufthansa. 2023. “Pengaruh Penetapan Model React Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Universitas.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6(3):704–9.
Trisnawaati, Leni, Abi Fadila, dan Farida. 2018. “Pengembangan Audio Visual Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Diensi Tiga.” Prosiding: UIN Raden Intan Lampung 1(2):499–506.
Zebua, Yelisman. 2020. “Media Powerpoint Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Materi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Ikip Gunungsitoli.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 3(2):469–75. doi: 10.31004/jrpp.v3i2.1701.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Putra Bakri, Saddam Hakki, Rita Gamasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.