PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII

Authors

  • Erna Tri Dara Universitas Negeri Medan
  • Nurhasanah Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25077

Keywords:

Model Pembelajaran STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Geogebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 30 orang. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 27 dari 30 siswa (90%) telah mencapai target keberhasilan (?75) sedangkan 3 siswa lainnya (10%) belum mencapai nilai target. Berdasarkan target keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi 36,67%. Untuk nilai setiap aspek pemecahan masalah yang diteliti, yaitu pada aspek memahami masalah nilai rata-rata pada siklus I 75,93 meningkat menjadi 89,26, pada aspek merencanakan penyelesaian masalah nilai rata-rata pada siklus I 56,11 meningkat menjadi 71,67, pada aspek menyelesaikan masalah nilai rata-rata pada siklus I 76,94 meningkat menjadi 89,72, dan pada aspek memeriksa kembali nilai rata-rata pada siklus I 45,56 meningkat menjadi 72,22. Nilai rata-rata tes pada siklus I sebesar 69,33 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,22. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

References

Ashim, M. dkk. 2019. Perlunya Komunikasi Matematika Dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan 4c Di Era Disrupsi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 687-697.

Faradisa, M. dkk. 2018. Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation, 1(2), 166-172.

Muhidin, D., & Kudus, H.H.A.2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stdent Teams Achievement Division. Jurnal Al-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan, 32(2), 106-114.

Permana, K.B.A. Renda, N.T. Margunayasa. I.G. 2020. Model Pembelajaran Kolaboratif Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 223-232.

Tafonao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Tambunan, L.O. 2020. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Matematik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UHKBPNP. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.

Wahyuni, R. 2016. Pembelajaran Kooperatif Bukan Pembelajaran Kelompok Konvensional. 3(1), 37-43.

Wulandari, I. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1), 17-23.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Dara, E. T. ., & Siregar, N. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1224–1231. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25077