KARAKTERISTIK INOVASI PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM

Authors

  • Suci Ririn Alifatin Universitas Pembangunan Pancabudi Medan
  • M Yus Alfi universitas Pembangunan Panca Budi
  • Hadi Saputra Panggabean Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24976

Keywords:

Pendidikan, Inovasi Pendidikan Tinggi, dan Karakteristik Inovasi

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti membahas pentingnya pendidikan dalam kemajuan suatu negara, menekankan proses transformasi individu untuk menjadi bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat. Undang-Undang Sisdiknas menyoroti perlunya suasana belajar aktif. Inovasi pendidikan diperguruan tinggi terutama di lingkungan keagamaan islam dianggap kunci untuk menjadi relevansi dan efektivitas institusi di tengah perubahan zaman. Peneliti juga membahas model inovasi, karakteristik inovasi, dan tujuan pendidikan agama islam, dengan penekanan pada kerja sama antara guru, orang tua, dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research. Secara keseluruhan penelitian ini menyoroti esensi inovasi dalam pendidikan tinggi sebagai respons terhadap dinamika masyarakat, teknologi, dan ilmu pengetahuan.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementaso Kurikulum 2004. (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006).

Firmansyah, F. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus di Unversitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung). Al-Iltizam : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 99. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.2929

Fitrim A,Z., & Haryanti, N. Metodologi Penelitian pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development.(Malang : Madani Media. 2020).

H. M Djumberansyah dan Abdul Malik. Pendidikan Islam Menggali Tradisi Meneguhkan Eksistensi. (Malang : UIN Malang, 2007).

Haryanti, N. Metode Penelitian Ekonomi. (Bandung : Manggu, 2019).

Munib, A. Karakterisik Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Jurnal Al-Ulum,3(1), 75-85. 2016

Musfiqon, M., & Nurdyansyah, N. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. (Sidiarjo : Learning Center. 2015).

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E.F. Inovasi Model Pembelajaran. (Sidoarjo : Learning Center. 2016).

Nurdyansyah, N., & Widodo, A. Menejemen Sekolah berbasis ICT. (Sidoarjo : Nizamia Learning Center, 2015).

Sa’ud. U.S. Inovasi Pendidikan. (Bandung : Alfabeta, 2018).

Sanjaya, W. Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikkan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Soemanto, W. Petunjuk untuk Pembinaan Pendidikan. (Surabaya : Usaha Nasional, 2015).

Taufiq, A. Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Masyarakat, 2018.

Wijaya, C. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan Dan Pengajaran. (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2018).

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Alifatin, S. R., Alfi, M. Y., & Panggabean, H. S. . (2024). KARAKTERISTIK INOVASI PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1469–1472. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24976

Most read articles by the same author(s)