ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DAN MEMBACA DI MUSLIM SATUN WITTAYA SCHOOL

Authors

  • Annyzaq Pitri Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Melyani Sari Sitepu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Dewi Kesuma Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24808

Keywords:

Pembelajaran Bahasa, Kesalahan Berbahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa.

Abstract

Kesalahan yang dilakukan oleh pembelajar bahasa kedua/asing di Muslim Satun Wittaya School Thailand terjadi ketika pembelajar belum mempelajari beberapa item bahasa dan secara konsisten melakukan kesalahan, di penelitian ini penulis bertindak sebagai guru sekaligus penganilis kesalahan berbahasa dan membaca di salah satu sekolah diThailand. Beberapa ahli melihat kesalahan sebagai hal yang normal sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran bahasa, sementara yang lain menganggapnya sebagai bentuk penyimpangan yang menunjukkan kegagalan pembelajar dalam menerapkan sistem bahasa. Sumber kesalahan dapat berasal dari interferensi (pengaruh bahasa pertama yaitu Thai), kompleksitas bahasa target, atau sistem belajar mengajar. Kesalahan dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori: linguistik, permukaan, komparatif, dan pengaruhnya terhadap komunikasi. Dengan latar belakang paedagogis, analisis kesalahan hadir untuk memecahkan masalah bahasa pelajar melalui prosedur: pengumpulan data, identifikasi kesalahan, deskripsi kesalahan, penjelasan kesalahan, klasifikasi kesalahan, dan evaluasi. Hasil dari analisis kesalahan dapat digunakan untuk berbagai manfaat, antara lain: menentukan urutan materi pengajaran, menentukan materi kebahasaan yang membutuhkan perlakuan khusus dan latihan yang lebih banyak, memperbaiki pengajaran secara remedial, memilih butir-butir soal untuk mengevaluasi atau menguji kemampuan berbahasa pembelajar, dan menghindari kesalahan yang sama di kemudian hari.

References

Azies, Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah, Pengajaran Bahasa Komunikatif, Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

Ba‘albaki, Rohi, Al-Mawrid: Kamus Arab-Inggris, Beirut: D?r al-‘Ilm li al-Mal?yin, 1996.

Bartram, Mark & Richard Walton, “Correction: Mistake Management: A Positive Approach for Language Teachers”, England: Language Publications, 1991.

Bond, Zinny S., Slips of the Ear: Errors in the Perception of Casual Conversation, California: Academic Press, 1999.

Corder, S. Pit., Introducing Applied Linguistics, Harmondsworth: Penguin, 1973.

Echols, John M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1995.

Ellis, Rod, The Study of Second Language Acquisition, Oxford: Oxford University Press, 1994.

_____, Understanding Second Language Acquisition, Oxford: Oxford University Press, 1986.

http://media.diknas.go.id/media/document/5199.pdf

Ibn Makki, Abu Hafsh Umar Ibn Khalaf, Tas}qi

Jassem, Ali Jassem, Study on Second Language Learners of Arabic: An Error Analysis Approach, Kuala Lumpur: Pustaka Hayathi, 2000.

Lado, Robert, Linguistics Across Cultures, Ann Arbor: University of Michigan Press, 1957.

Larsen-Freeman, Diane & Michael H.Lomg, An Introduction to Second Language Acquisition Research, London: Longman, 1991.

Lightbown, Patsy M. & Nina Spada, How Languages are Learned, Oxford: Oxford University Press, 1999.

Mintowati, “Jenis-jenis Kekhilafan dalam Pemerolehan Bahasa Kedua” dalam Nurhadi dan Roekhan (ed.), Dimensi-dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua, Bandung: Sinar Baru, 1990.

Munawwir, Ahmad Warson, Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE, 1987.

Nurhadi dan Roekhan (ed.), Dimensi-dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua, Bandung: Sinar Baru, 1990.

Nurhadi, Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa, Semarang: IKIP Semarang Press, t.t.

Parera, Jos Daniel, Linguistik Edukasiaonal: Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontrastif antar Bahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa, Jakarta: Erlangga, 1997.

Pranowo, Analisis Pengajaran Bahasa: Untuk Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Guru Bahasa, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, tt.

Richards, Jack C. (ed.), Error Analysis, Perspective on Second Language Acquisition, London: Longman, 1974.

Richards, Jack C. John Platt & Heidi Weber, Longman Dictionary of Applied Linguistics, Inggris: Longman, 1985.

Setya Tri Nugraha, Kesalahan-kesalahan Berbahasa Indonesia Pembelajar Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing: Sebuah Penelitian Pendahuluan (artikel, tidak diterbitkan).

Sri Utari Subyakto-Nababan, Metodologi Pengajaran Bahasa, Jakarta: Gramedia, 1993.

Strandness, T. Benson, Herbert Hackett & Harry H. Crosby, “Language, Form, and Idea”, New York, San Fransisco, Toronto: McGraw-Hill Book Company, 1964.

Sudiana, I. Nyoman, “Analisis Kekhilafan dalam Belajar Bahasa Kedua” dalam Nurhadi dan Roekhan (ed.), Dimensi-dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua, Bandung: Sinar Baru, 1990.

Tarigan, Henry Guntur, Pegajaran Pemerolehan Bahasa, Bandung: Angkasa: 1988.

_____, Pengajaran Kompetensi Bahasa, Bandung: Angkasa, 1990.

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Nasution , A. P. ., Sitepu, M. S. . ., & Nasution, D. K. . (2024). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DAN MEMBACA DI MUSLIM SATUN WITTAYA SCHOOL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 929–939. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24808