PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KEPEMIMPINAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN BADUNG

Authors

  • I Nyoman Yedi Krisnawan Universitas Ngurah Rai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24685

Keywords:

Lingkungan Kerja, Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja, Kepemimpinan, dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Badung. Dalam penyelesaian permasalahan penelitian ini, dilakukan metode pengumpulan data dengan kuesioner. Kuesioner ditujukan kepada 68 orang responden untuk selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, regresi liniear beganda, uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini adalah lingkungan kerja memiliki koefisien regresi terhadap kinerja pegawai di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Badung sebesar 0,412. Kepemimpinan memiliki koefisien regresi terhadap kinerja pegawai di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Badung sebesar 0,305. Motivasi memiliki koefisien regresi terhadap kinerja pegawai di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Badung sebesar 0,203. Pengaruh  secara simultan lingkungan kerja, kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai  pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Badung adalah positif dan signifikan dan mempunyai hubungan sebesar 75%. Lingkungan kerja merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai   pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Badung, karena mempunyai standarzed cofficients beta yang terbesar jika dibandingkan dengan variabel lain.

References

A.Dale Timpe. (1992). Kinerja (Seri Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ardana Komang, Wayan Mujiati. A.A. Ayu Sriathi. (2008). Perilaku Keorganisasian. Cetakan 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dessler, Gary. (2009). Manajemen SDM : Buku 1. Jakarta: PT Indeks.

________. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi kesepuluh). Jakarta: PT Indeks.

Ghozali Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit BP UNDIP.

Gorda, IGN. (2004) Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Resivi. Singaraja: Penerbit STIE Satya Dharma.

Hasibuan SP. Malayu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

________. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjrachman Ranupandojo dan Suad Husnan. (2006). Manajemen Personalia, Edisi 4, Cetakan Kesembilan. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mangkunegara Anwar Prabu. (2009). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

________. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Penelitian-Penelitian:

Anwar, H. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Pegawai Terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Imigrasi Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan, 1 (1), 348-358

Dharmawan dan Sudharma. (2012). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi Finansial Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada CV. Leo Silver Batuyang Gianyar. E-journal. Universitas Udayana, Bali.

Diana dan Subudi, (2013). Pengaruh Komunikasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimediasi Oleh Semangat Kerja Karyawan pada Auto 2000 Tabanan.

Kusnady, A. Moh. (2012). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi Finansial Dan Pelatihan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada PT. Aurora Horeca Internasional Di Seminyak, Kuta, Badung. E-jurnal.

Permaningratna. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Komunikasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan pada PT Saka Agung Abadi Denpasar. E-Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Indonesia.

Utama, Eko Jaya I Gede. (2014). Budaya Kerja, Lingkungan Kerja, Kepemimpinan Terhadap Motivasi Dan Semangat Kerja Pegawai Negeri Sipil di Institut Seni Indonesia Denpasar. E-Jurnal. Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Undiknas Denpasar.

Rahmawati, D dan Sudarmi. (2013). Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Rumah Makan (Waralaba) Gama Resto Dan Steak Gerai Purwokerto. PERFORMANCE: Vol: 4 No. 1 September 2013 (p.12-19).

Sari, Agrisna Puspoita. (2014). dengan judul “Pengaruh Kompensasi, Iklim Kerja, Semangat Kerja Dan Karakteristik Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Bank Bukopin TBK Cabang Sultan Agung). E-Jurnal.

Suariani, Ni Nyoman. (2014). Pengaruh Pelatihan, Motivasi, Lingkungan Kerja Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bagian Umum Setda Kabupaten Badung. Tesis. Program Magister Manajemen Program Pascarsarjana Universitas Warmadewa Denpasar.

Subratha, I Nyoman. (2013). Motivasi, Lingkungan Kerja Fisik, Kepemimpinan, Semangat Kerja dan Kinerja Pegawai pada Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Di Kabupaten Badung. E-Jurnal. Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Undiknas Denpasar.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Krisnawan, I. N. Y. . (2024). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KEPEMIMPINAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN BADUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 749–759. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24685