PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, DESKRIPSI KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BATU BARA

Authors

  • Normansyah Normansyah Universitas Asahan
  • Hadi Suriono Universitas Asahan
  • Aris Siregar Universitas Asahan
  • Rosnaida Rosnaida Universitas Asahan
  • Anshari Putra Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.24656

Keywords:

Kecerdasan Intelektual, Deskripsi Kerja, Pengembangan Karir, Prestasi Kerja.

Abstract

Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori manajemen organisasi dan sumber daya manusia dengan lebih berfokus pada faktor kecerdasan intelektual, , deskripsi kerja, pengembangan karir dan prestasi yang menjadi variabel-variabel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey. jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian adalah penjelasan. Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi adalah seluruh pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Batu Bara  yaitu 55 pegawai dan ditetapkan jumlah sampel dari seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 55 pegawai. Berdasarkan persamaan linier berganda yang diperoleh sebagai berikut bahwa ?   = 1,015 + 0,406 X1 + 0,239 X2  + 0,509 X3 + e. Pada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa kecerdasan intelektual (X1), deskripsi kerja (X2) dan pengembangan karir (X3) mempunyai koefisien regresi positif yang membuktikan kontribusinya terhadap prestasi kerja (Y) pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Batu Bara. Pengujian secara serempak menunjukkan bahwa nilai Fhitung (53,875) lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel (2,79), dan sig. ? (0,000a) lebih kecil dari alpha 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan intelektual, deskripsi kerja dan pengembangan karir secara serempak berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Batu Bara. Pengujian secara parsial diperoleh hasil untuk kecerdasan intelektual (3,696), deskripsi kerja (2,352) dan pengembangan karir (4,428). Dengan demikian secara parsial pengaruh yang dominan terhadap prestasi kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Batu Bara adalah variabel pengembangan karir.

References

David, Fred. R, 2010 Manajemen Strategis, Konsep. Edisi Ketujuh. Alih Bahasa Alexander Sindoro. Prehallindo. Jakarta.

Dessler, Gary, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh. Alih Bahasa Paramita Rahayu. Indeks Jakarta.

Ghozali, Imam, 2010, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. BP-Universitas Diponegoro. Semarang.

Gomes, Faustino Cardoso, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Handoko, T Hani, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki, 2010, Perilaku Organisasi. Terjemahan Erly Suandy. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Lako, Andreas, 2010, Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi, Isu, Teori, dan Solusi. Cetakan Pertama. Amara Books. Yogyakarta. 2004.

Mangkuprawira, Tb. Sjafri, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Cetakan Ketiga. Ghalia, Jakarta.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, 2014, Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama, Bandung.

Mathis, Robert L dan John H. Jackson, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia.Buku 1, Alih Bahasa: Jimmy Sadeli dan Bayu. Prawira Hie, Salemba Empat, Jakarta.

Moekijat, 2012, Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja, Edisi Revisi,CV. Pioner Jaya, Bandung.

Nawawi, Hadari, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, GadjahMada University Press, Yogyakarta.

Ranupandojo, Heidjrachman & Suad Husnan, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Riva’i, Veithzal, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktek. Raja Grafindo, Jakarta.

Robbins, Stephen P, 2014, Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan. Prenhallindo. Jakarta.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Simamora, Henry, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE-YKPN. Yogyakarta.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat. Alfabeta. Bandung.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Normansyah, N., Suriono, H. ., Siregar, A. ., Rosnaida, R., & Putra, A. . (2023). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, DESKRIPSI KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BATU BARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4127–4133. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.24656