KARANTINA TAHFIDZ PROGRAM LIBURAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN FISABILILLAH BATUSANGKAR

Authors

  • Riri Susanti STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Alhusna Nupiah STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Dewi Indriani STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Siska Damasra STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.24639

Keywords:

Tahfidz Alqur’an, Wawancara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menyajikan hasil penelitian tentang kegiatan tahfidz Alqur’an yang diselenggarakan pada hari libur sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mencari dan menyusun data secara sistematis dengan cara mengorganisasikan atau mereduksi data, menjabarkan dan mensintesa atau display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di di sebuah Rumah Tahfidz yaitu Rumah Tahfidz Alqur’an Fisabilillah Batusangkar. Hasil peneltian ini menunjukkan beberapa proram kegiatan dipersiapkan bagi peserta yang mengikuti karantina tahfidz. Karantina tahfidz dilaksanakan dengan mengisi waktu liburan sekolah dengan menghafal Al-qur’an. Kegiatan penelitian dimulai tanggal 19 Juni 2022 dan ditutup pada tanggal 27 Juni 2022. Dengan mengikuti rangkaian kegiatan program ini para santri dapat meningkatkan hafalannya selama satu minggu. Kegiatan karantina tahfidz diikuti oleh santri yang berusia Sekolah Dasar (SD), SMP/MTs, SMA/MA dan mahasiswa.

References

Anwar, Sumarsih. (2017). Penyelenggaraan Pendidikan Tahfidzul Qur’an Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Pondok Pesantren Nurul Iman Kota Tasikmalaya, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, p-ISSN:1693-6418, e-ISSN: 2580-247X.

Azis, Abdul & Abdul Rauf dalam bukuinsfirasi. blogspot.com/2014.

Febrianingsih, Dian. (2016). Sejarah Perkembangan Rasm Utsmani, AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 2, no. 2: 293–311.

Ichsan, Muhammad. (2012), Sejarah Penulisan dan Pemeliharaan Al-Qur’an pada Masa Nabi Muhammad SAW dan Sahabat, SUBSTANTIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 14, no. 1

Machmud, Ammar.(2015). Kisah Penghafal Al-Qur`an, Surabaya: Elex Media Komputindo Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Iqal, Muhammad Ansari. (2017). elaksanaan Karantina Tahfidzh Al-Qur’an 30 Hari untuk Siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 2, No. 2, ISSN: 2476-9703.

Kementrian Agama RI. (2010). Alqur’an dan Tafsirnya ,jilid I, Jakarta: Lentera Abadi.

Rohmadhana, Itsna Syahrur ,dkk. (2021). Pengaruh Kepedulian Orang Tua terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur`An pada Peserta Didik Rumah Tahfidz Al Furqon Desa Blumbang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2021. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351

Yunus, Mahmud. (1972). Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Susanti, R. ., Nupiah, A. ., Indriani, D. ., & Damasra, S. . (2023). KARANTINA TAHFIDZ PROGRAM LIBURAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN FISABILILLAH BATUSANGKAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.24639