SOCIAL MEDIA CAPABILITIES DALAM ADOPSI MEDIA SOSIAL GUNA MENINGKATKAN DIGITAL MARKETING UMKM

Authors

  • Rifa Azzahara Mitra Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aresti Annisyah Pramudia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dhiya Mahira Khansa Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fairuz Azmi Andira Nasution Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fitri Ayu Novirda Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24611

Keywords:

Interaktif, Efisiensi Biaya, Kompatibel, Kinerja

Abstract

Media sosial saat ini banyak digunakan baik oleh perusahaan besar maupun UMKM. Bagi perusahaan besar, penggunaan media sosial telah berhasil digunakan untuk menjangkau konsumen potensial. Namun bagi UMKM, strategi pemasaran menggunakan media sosial masih dipertanyakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisi gap pada penelitian-penelitian sebelumnya dengan mengkaji faktor-faktor pendorong UMKM dalam menggunakan media sosial untuk mempromosikan produknya dan mengkaji bagaimana kinerja UMKM setelah mengadopsi teknologi ini baik dari aspek finansial maupun non finansial. Belum melakukan banyak penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel kompatibel, hemat biaya, interaktif berpengaruh positif terhadap penggunaan media sosial kemudian berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan dan non keuangan. Namun, peran moderat dari kemampuan media sosial tidak dapat memperkuat hubungan antara penggunaan dan kinerja UMKM. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar penilaian terhadap UMKM agar dapat memanfaatkan media digital untuk menunjang usahanya. Hal ini juga harus diperhatikan pemerintah untuk aktif menggalakkan penggunaan media digital bagi UMKM sehingga kinerja UMKM dapat meningkat.

References

Azam. M.S., (2015). Diffusion of ICT and SME Performance. In E-Services. Processes by Firms in Developing Nations.

Ahani A, Rahim, N.Z., & Nilashi, M. (2017) Forecasting social CRM adoption in SMEs: A combined SEM-neural network method. Computers in Human Behavior (2017)

Ainin, S., Parveen, F., Moghavvemi, S., Jaafar, N. I., & Shuib, N. L. M. (2015). Factors influencing the use of social media by SMEs and its performance outcomes. Industrial Management and Data Systems

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003).

Phiri, M. (2020). Exploring digital marketing resources, capabilities and market performance of small to medium agroprocessors. A conceptual model. Journal of Business and Retail Management Research, 14(2).

The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9– 30.

Charoensukmongkol, P & Pakamon Sasatanun, P., (017) Social media use for CRM and business performance satisfaction: The moderating roles of social skills and social media sales intensity. Asia Pacific Management Review

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural. Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24.0. Update Bayesian SEM. In Model Persamaan Struktural. Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Update Bayesian SEM.

Odoom, R., Anning-Dorson, T., & Acheampong, G. (2017). Antecedents of social media usage and performance benefits in small- and medium-sized enterprises (SMEs). Journal of Enterprise Information Management

Olanrewaju, A. S. T., Hossain, M. A., Whiteside, N., & Mercieca, P. (2020). Social media and entrepreneurship research: A literature review. International Journal of Information Management, 50(November 2018), 90–110.

Kominfo (2017). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go OnlineDiakses tanggal 23 Mei 2020.

Kohli, C., Suri, R., & Kapoor, A. (2015). Will social media kill branding? Business Horizons, 58(1), 35–44.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi.

Wardaya, A., Sasmoko, S., So, I. G., & Bandur, A. (2019). Mediating effects of digital marketing on dynamic capability and firm performance: Evidence from small and Medium-sized Enterprises (SMEs) in Indonesia. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8, 461–464.

Kwok, L., & Yu, B. (2013). Spreading Social Media Messages on Facebook: An Analysis of Restaurant Business-to-Consumer Communications. Cornell Hospitality Quarterly, 54(1), 84–94.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Mitra, R. A. ., Pramudia, A. A. ., Khansa, D. M. ., Nasution, F. A. A. ., & Novirda, F. A. . (2024). SOCIAL MEDIA CAPABILITIES DALAM ADOPSI MEDIA SOSIAL GUNA MENINGKATKAN DIGITAL MARKETING UMKM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 661–665. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24611