PEMANFAATAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA PAB 3 MEDAN

Authors

  • Friska Anggraini Barus Institut Teknologi Sawit Indonesia
  • Marzuti Isra Institut Teknologi Sawit Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24610

Keywords:

Manajemen, sarana, Mutu Pendidikan

Abstract

Sarana prasarana dan kelengkapannya adalah bagian yang sangat penting dari maju tidaknya dunia pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan digunakan secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga sangat mempengaruhi mutu pendidikan yang hendak dicapai. Tersedianya ruang kegiatan belajar dan perlengkapan penunjang yang memadai ikut serta mendukung terlaksananya proses pembelajaran yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMA PAB 3 Medan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk lebih memfokuskan pada topik atau masalah yang sedang diteliti. Sarana dan prasarana SMA PAB 3 Medan dikelola dalam beberapa tahapan yaitu inventarisasi, pengadaan dan penghapusan aset. Tujuan dari tahapan-tahapan tersebut adalah untuk membantu mempersiapkan dan mengatur sebaik mungkin sarana dan prasarana yang diperlukan untuk melaksanakan proses pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Sekolah dianggap berkualitas apabila memiliki sarana prasarana yang cukup dan lengkap. Pengelolaan sarana dan prasarana yang baik memiliki dampak yang sangat besar terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.

References

Dee Fink,L. (2002).Active learning. Kertas kerja. Tidak diterbitkan

Farida Isroani, (2022) Mengintregasikan Nilai-Nilai Anti Korupsi dalam Pendidikan Agama Islam, Juranal Ar Risalah

Farida Isroani, Strategi dan Inovasi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan (2022)

Farida Isroani, (2022), Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Kurikulum dan Pendekatan Humanistik di Era Digital, Jurnal Ar Risalah

Fishbean,Martin & Icek Ajzen. (1973). Belief, Attitude, Intention and Behafior: An Introduction to Theory and Research.Addison Wesley Publishing : USA

Ghofur,Syaiful Amin (2009) Merancang Kurikulum Pendidikan Antikorupsi. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.01, No.01, Juni 2009 ISSN 2085-3033

Harahap, Krisna (2009) Pemberantasan Korupsi pada masa Reformasi. Jurnal of Historical Studies X Juni 2009.

Kauchack, Donald P & Eggen, Paul D. 2008. Learning and Teaching Research Based-Methods.Pearson Education: Boston

Kozulin, Alex (Ed). (2007) Vygotsky"s Educational Theory in Cultural Contect. Cambridge University Press: USA

Lickona, Thomas. 2004. Character Matters.Touchstone : New York

McInerney,Denis M (2006). Developmental Psychology For Teacher. Allen & Unwin :Australia.

Modern Didactic Center (2006)Anti Corruption Education At School. Garnelish Publishing :Vilnius.Lithuania

Pope.J (2003) Strategi Memberantas Korupsi. Yayasan Obor Indonesia: Jakarta

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Barus, F. A. ., & Isra, M. . (2024). PEMANFAATAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA PAB 3 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 655–660. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24610