PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 2 MAGETAN

Authors

  • Reza Emelia Dayanti Universitas PGRI Madiun
  • Anisa Yunitasari Universitas PGRI Madiun
  • Ainun Fisabilillah Universitas PGRI Madiun
  • Mutiara Putri Rengganis Universitas PGRI Madiun
  • Davi Apriandi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24534

Keywords:

Motivasi Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Untuk menghadapi tantangan di masa depan, siswa harus menguasai kemampuan berpikir kritis saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian regresi, teknik pengambilan sampel acak sederhana, dan teknik pengumpulan data seperti tes dan angket. Uji asumsi klasik dan uji regresi linier sederhana digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa motivasi belajar memengaruhi kemampuan berpikir kritis sebesar 9%, dengan nilai Sig = 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang cukup kuat antara motivasi siswa untuk belajar dan kemampuan mereka untuk berpikir kritis.

References

Aiken, L. R. (1985) ‘Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings’, Sage Journal, 45(1).

Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021a). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), Article 4.

Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021b). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974–1984.

Anisa, F. F. (2022). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Melalui Integrasi Pendekatan Steam Dengan Model Pembelajaran Pjbl Dalam Materi Virus [Diploma, UIN Raden Intan Lampung].

Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959–1965.

Fajaruddin, S. et al. (2021) ‘Alhamdulillah, butir pengembangan instrumen penilaian artikel jurnal ilmiah dikatakan valid oleh para rater Syarief’, Exceptional Education Quarterly, 1(2), pp. 89–96.

Ghani, S., & Zharfa, M. (2020). Pengaruh Penghapusan Ujian Nasional Terhadap Motivasi Belajar Perserta Didik Di Masa Pandemi. JPT?: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), Article 3.

Kurniawati, D. (2020). Hubungan Antara Berpikir Kritis Dan Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), Article 2.

Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan. 8(1).

Novyanti, Y., Rahmayanti, H., & Ichsan, I. Z. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Online Dalam Perspektif Siswa Smk. Jurnal Pensil?: Pendidikan Teknik Sipil, 10(2), Article 2.

Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 222.

Septiana, R., Febriarini, Y. S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), Article 6.

Setiawan, C. K. and Yosepha, S. Y. (2020) ‘PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP INDONESIA’, Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), pp. 1–9.

Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), Article 1.

Ulya, N. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vi Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Songgokerto 03 Kota Batu.

Usman, K., Uno, H. B., Oroh, F. A., & Mokolinug, R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), Article 1.

Warnilah, A. I. (2018) ‘Implementasi Alpha Cronbach Pada Pengembangan Pembelajaran Pengenalan Sampah Metode Mdlc’, Jurnal Produktif, 2(1), pp. 83–93.

Zega, D. S., & Mendrofa, R. N. (2023). analisis motivasi belajar dan hasil belajar matematika pada materi matriks di smk negeri 2 lotu. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), Article 3.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Dayanti, R. E. ., Yunitasari, A. ., Fisabilillah, A. ., Rengganis, M. P. ., & Apriandi, D. . (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 2 MAGETAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 593–599. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24534