STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DI MADRASAH TSANAWIYAHLABORATORIUM KOTA JAMBI

Authors

  • Muhammad Nazori UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24424

Keywords:

Strategi Guru, Hasil Belajar, Media Audiovisual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru Akidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan media audiovisual di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi disebabkan masih ditemukan masalah hasil belajar siswa dalam di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik snowball sampling dengan menetapkan kepala sekolah sebagai key informan, sedangkan guru, dan siswa. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Keterpercayaan dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan media audiovisual di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi belum optimal karena waktu pembelajaran, dan jaringan internet, penguasaan media yang terbatas. Faktor penghambat strategi guru Akidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan media audiovisual di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Jambi keterbatasan media dan anggaran yang terbatas. Upaya guru Akidah Akhlak mengatasi faktor pengambat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan media audiovisual di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Jambi dengan meningkatkan.

References

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran, Depok: Rajawali Pers.

Aswan. 2014. “Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Viii Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kelayan Banjarmasin”, Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol 4, No 2.

Dimiyati, M. dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

https://pijarsekolah.id/media-pembelajaran-dasar-dan-jenisnya-untuk-proses-belajar/

https://www.referensimakalah.com/2013/05/materi-pelajaran-aqidah-akhlak-pengantar.html

Kompri. 2017. Belajar: Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Yogyakarta: Media Akademi.

Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana.

Ramayulis. 2013. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sagala, Syaiful. 2012. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

Sanatang, dkk. tt. “Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia bagi Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madani Alauddin Kabupaten Gowa”, Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, ISBN: 978-602-555-459-9.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2016.

Sardiman AM. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media, Jakarta: Rajawali Pers.

Utari, Retno. Taksonomi Bloom: Apa dan Bagaimana Menggunakannya. Widyaiswara Madya, Pusdiklat KNPK, tt.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Nazori, M. . (2024). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DI MADRASAH TSANAWIYAHLABORATORIUM KOTA JAMBI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 462–473. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24424