ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARANDI KELAS III SD DARUL MAAREF SCHOOL FOUNDATION

Authors

  • Khoyrunnisa Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mawar Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Suci Perwita Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24323

Keywords:

Analisis, Pemanfaatan Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi Kelas lll SD Darulmaaref School Foundation. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif(descriptive research). Subjek dalam penelitian guru sebanyak 12 orang guru dan siswa kelas IV, V, VI. Teknik pengumpulan datanya seperti: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa analisis pemanfaatan teknologi Kelas lll SD Darulmaaref School Foundation menunjukkan bahwa dari 12 jumlah guru di SD Darulmaaref School Foundation sudah bisa menggunakan pemanfaatan teknologi sebanyak 4 guru sebesar 33,33333333%, masih kurang menggunakan pemanfaatan Teknologisebanyak 6 guru sebesar 50%, tidak bisa sama sekali menggunakan pemanfaatan teknologi sebanyak 2 guru sebesar 16,66666667% Hal ini menunjukkan bahwa teknologi Kelas lll SD Darulmaaref School Foundation sudah baik dan sudah bisa digunakan walaupun masih ada guru sama sekali yang belum bisa menerapkannya

References

Anshori, Sodiq, 2017, Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 1 (1).

Aka Andri Kukuh, 2017, Pemanfaatan TeknologiSebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2.

Budiana, H.R., Sjafirah, N.A. dan Bakti, I, 2015, Pemanfaatan TeknologiDalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis, Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat Vol. 4, No. 1

Dewi, S.Z dan Hirman. I, 2018, Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar, Indonesian Journa of Primary Education – Vol .2, No. 2

Fahyuni, Fariyatul Eni, 2017, Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam), Sidoarjo: Umsida Press

Gunawan, Zeni, 2014, Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- Biruni Vol 3, No 1

Tekege,Martinus,2017,Pemanfaatan TeknologiDalam Pembelajaran Sma Yppgi Nabire, Jurnal Fateksa: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, Volume 2, No1

Hardani, 2020, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group Fahyuni, Fariyatul Eni, 017, Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi

Dalam Studi Pemikiran Islam), Sidoarjo: Umsida Presschomaidi dan salamah.(2018).pendidikan dan pengajaran: strategi pembelajaran sekolah.

computer science teachers association. (2016). k–12 computer science framework. Retrieved from http://www.k12cs.org. dewey, j. (1938). experience and education. new york: macmillan.

depdikbud. ( 2002). kamus lengkap bahasa indonesia. jakarta: balai pustaka.

dweck, c. (2017). mindset-updated edition: changing the way you think to fulfill your potential. hachette uk. encheff, d. (2013). creating a science e-book with fifth grade students. techtrends, 57(6), 61-72.

fehn, b., & heckart, k. (2013). producing a documentary in the third grade: reaching all students through movie making. so- cial studies and the young learner, 25(3), 18-22.

gonzalez, j. (2019). the teacher’s guide to tech 2019. cult of pedagogy. retrieved may 20, 2020, from https://teachers- guidetotech.com/guide/grasindo.

grover, s., & pea, r. (2013). computational thinking in k–12 a review of the state of the field. educational researcher, 42(1), 38–43.

hamalik, oemar. (2004). proses belajar mengajar.jakarta: bumi aksara.

handoko.( 2002). hasil daya penggerak tingkah laku. yogyakarta:kanisius.

hechter, r. p., & guy, m. d. (2010). promoting creative thinking and expression of science concepts among elementary teacher candidates through science content movie creation and showcasing. contemporary issues in technology and teacher edu- cation, 10(4), 411-431.

howland, j. l., jonassen, d. h., & marra, r. m. (2013). meaningful learning with technology: pearson new international edition. pearson higher ed.

iste. (2016). iste standards for students 2016. international society for technology in education. iste. (2017). iste standards for educators 2017. international society for technology in education.

koehler, m.j., mishra, p., & cain, w. (2013). what is technological pedagogical content knowledge? journal of education, 193(30), 13-19.

lidia susanti. (2020). strategi pembelajaran berbasis hasil. alex media komputindo.

lin, l., widdall, c., & ward, l. (2014). improving critical thinking with interactive mobile toolsand apps. social studies and the young learner, 26(4), 10-14.

mudjiono, dimyati.(2002). belajar dan pembelajaran.jakarta: rineka cipta.

sardiman.(2004).interaksi dan hasil belajar mengajar. jakarta: rajawali press.

solihatin, etin. (2012).strategi pembelajaran. jakarta: bumi aksara.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Harahap, K. ., Sari, M. ., & Sari , S. P. (2024). ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARANDI KELAS III SD DARUL MAAREF SCHOOL FOUNDATION. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 434–438. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24323