STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VII MTS AL-FAJAR SEI MENCIRIM

Authors

  • Dwini Adirza Universitas Pembangunan Pancabudi Medan
  • Abdurrasyid Abdurrasyid Universitas Pembangunan Pancabudi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24243

Keywords:

tegi, Akidah Akhlak, Peran Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah siswa kelas VII. Guru harus mempunyai strategi dalam membentuk akhlakul karimah siswa dan membuat siswa berperilaku baik selama di dalam kelas maupun dilingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang mewawancarai dua informan penelitian yaitu guru akidah akhlak dan peserta didik kelas VII. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa kelas VII MTs Al Fajar Sei Mencirim yaitu dengan memberikan arahan dan pengetahuan kepada siswa tentang akhlakul karimah, menggunakan strategi berbasis proyek dalam pembelajaran, memberikan teladan kepada siswa, dan memanfaatkan fasilitas sekolah sebagai pendukung dalam membentuk akhlakul karimah siswa.

References

Didik, Peserta, Mts Guppi, and Samata Gowa. “STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK MTs. GUPPI SAMATA GOWA.” : 76–95.

Heri Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung:, and 2013 Alfabeta. 2019. “Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Hidayat Taufik. 2016. “Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(August): 128.

Jiwandana, Auliya, Khoirul Asfiyak, and Muhammad Sulistiono. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Di MTs Annur 1 Bululawang.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 5(8): 1–5.

Lutfiyah, Ifatul, Anwar Sa’dullah, and Ahmad Subekti. 2019. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Di Smk Nu Sunan Ampel Poncokusumo Kabupaten Malang.” Jurnal Pendidikan Islam 4(4): 34–41.

Mahmudah, Aminatul. 2023. “Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Proyek Dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang.” : 1–232.

Mulia, Harpan Reski. 2020. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15(1): 118–29.

Nurjannah, Eka et al. 2020. “Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 3(2): 159–71.

Penelitian, A Konteks. “Mansur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tenatnagan Krisis Multidimensional , (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), Hal 69 1 1.” : 1–12.

Suryawati, Dewi Prasari. 2016. “Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di MTs Negeri Semanu Gunungkidul.” Jurnal Pendidikan Madrasah 1(2): 314.

Susiatik, Titik, and Thusma Sholichah. 2021. “Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah.” Jurnal Democratia 1(1): 16–26.

Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. 2020. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia 4(1): 41–47.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Adirza, D. ., & Abdurrasyid, A. (2024). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VII MTS AL-FAJAR SEI MENCIRIM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 377–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24243