MELAKSANAKAN FUNGSI DAN PERAN MASJID DALAM PENGEMBANGAN KADERISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MASYARAKAT (STUDI KASUS : MASJID AL FURQAN LABUH BARU TIMUR – PEKANBARU)

Authors

  • Atiqah Zhafirah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Siti Aminah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nisya Frasetia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Adillah Herni Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nur Azima Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24104

Keywords:

Masjid, Fungsi Dan Peran Masjid, Pendidikan Agama

Abstract

Sebagian seorang muslim sudah benar-benar percaya bahwa masjid adalah rumah Allah. Masjid juga memiliki peran dan fungsi yang signifikan bagi seluruh masyarakat muslim sejak zaman nabi Muhammad saw hingga saat ini. Selain itu, masjid berfungsi sebagai pusat kegiatan dan acara sosial, serta tempat pendidikan bagi anggota masyarakat Islam. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang dilakukan masjid di Labuh Baru Timur dan bagaimana mereka berkontribusi pada pengembangan pendidikan agama bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Masyarakat berfungsi sebagai sumber data sekunder, takmir dan pengurus masjid berfungsi sebagai sumber data primer dalam penelitian ini. Sumber datanya berasal dari observasi lapangan. interview dan dokumentasi. metode untuk menganalisis data dengan mengurangi data dan mengambil kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa takmir dan pengurus masjid di kelurahan Labuh Baru Timur, Pekanbaru, telah memaksimalkan fungsi dan peran masjid sebagai sumber pengembangan kaderisasi pendidikan agama islam.

References

Abdillah, Asep, and Isop Syafe’i. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di SMP Hikmah Teladan Bandung.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17(1):17–30. doi: 10.14421/jpai.2020.171-02.

Amir Husin, Asmarika, Aulia Fitri, Wismanto, Syukri. 2023. “Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Di Masjid Nurul Haq Kecamatan Marpoyan Damai Kelurahan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru.” 4(3):5656–60.

Amir Husin, Asmarika, Mardhiah, Syukri, Wismanto. 2023. “Pendampingan Bimbingan Sholat Kepada Anak-Anak TPQ Mukhlisin Di RT 01 RW 22 Kelurahan Sidomulyo Barat Kec . Tuah.” 7:207–12.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, Wismanto. 2022. “PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR.” 11:301–8.

Aswidar, Rika, and Siti Zahara Saragih. 2022. “Karakter Religius,Toleransi, Dan Disiplin Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6(1):134. doi: 10.23887/jipp.v6i1.43373.

Aulia Ramdanu, and Abdul Hayyie Alkattani. 2023. “Tawazun Kepemimpinan Nabi Muhammad Shalallahu ‘ Alahi Wasallam Dalam Sistem Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam 16(1):101–101. doi: 10.32832/tawazun.v16i1.8239.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. 2022. “Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI 8:100–110.

Elbina Saidah Mamla, Wismanto. 2021. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1(2):16.

Fitri, Aulia, Mukh Nursikin, and Wismanto Amin, Khairul. 2023. “Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 5(3):9710–17.

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, Rieskha Tri Adilah. EM. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” 4(6):1734–10351.

Husin, Gusti Irhamna. 2018. “Pemikiran Tentang Sistem Dan Kelembagaan Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah Pada Periode Mekkah Dan Periode Madinah.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 11(24):69–88. doi: 10.35931/aq.v0i0.11.

Isnaini, Muhammad, Isran Bidin, Bambang Wahyu Susanto, and Ilham Hudi. 2023. “Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT.” 05(04):11539–46.

Johannes, Nathalia Yohana, Samuel Patra Ritiauw, and Hartini Abidin. 2020. “Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 19 Ambon.” PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan 8(1):11–23. doi: 10.30598/pedagogikavol8issue1page11-23.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, Wismanto. 2022. “IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN.” 11(2):285–94.

Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.

Nuryanti. 2023. “Urgensi Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Era Disrupsi.” 4(4):2243–49.

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, Wismanto. 2022. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis ‘ Subsidi Silang ’ Pada SDIT Imam Asy-Syafii.” 11(2):274–84.

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. n.d. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru.” 4(1):1082–88.

Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik.” 12:327–37.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, Khairul Amin. Rafifah Qanita. 2023. “Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital.” Jurnal on Education 6(1):13. doi: 10.29210/146300.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, Afdal. 2023. “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru.” 4(4):1625–33.

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, Elbina Mamla Saidah. 2023. “PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR.” 12(1):196–209.

Wismanto, Zuhri Tauhid, Atiqah Zhafirah. 2023. “Upaya Pencegahan Budaya Syirik Di Media Sosial Melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan.” 12:338–50.

Wismanto. 2021. “Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru.” 12(1).

Wismanto, Munzir Hitami, and Abu Anwar. 2021. “Integrasi Islam Dan Sains Dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN.” Jurnal Randai 2(1):85–94.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, . Sapriya, and Dasim Budimansyah. 2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2(2):286–95. doi: 10.21831/cp.v2i2.2168.

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Zhafirah, A. ., Aminah, S. ., Frasetia, N. ., Herni, A. ., & Azima, N. . (2024). MELAKSANAKAN FUNGSI DAN PERAN MASJID DALAM PENGEMBANGAN KADERISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MASYARAKAT (STUDI KASUS : MASJID AL FURQAN LABUH BARU TIMUR – PEKANBARU). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 240–247. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24104