EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER (MIND, ACQUIRE, SEARCH OUT, TRIGGER, EXHIBIT, REFLECT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII UPT SPF SMP NEGERI 49 MAKASSAR

Authors

  • Nur Aslindawaty Universitas Patompo
  • Dwiyanti Dwiyanti Universitas Patompo
  • Nur Annisa Priani Syam Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23987

Keywords:

Efektivitas , Model Pembelajaran MASTER, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search Our, Trigger, Exhibit, Reflect) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII UPT SPF SMP negeri 49 makassar. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan menggunakan desain tunggal One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah rombongan belajar kelas VIII UPT SPF SMP negeri 49 makassar, sedangkan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII UPT SPF SMP negeri 49 makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pada pretest kategori hasil belajar siswa yaitu 34 siswa atau 100% berada  pada kategori sangat rendah, dengan rata-rata hasil belajar 36,47. 2) Pada posttest kategori hasil belajar yaitu 21 siswa atau 61,76%  berada pada kategori Tinggi, dengan rata-rata hail belajar 81,32. 3) Uji T menunjukkan bahwa , nilai Thitung  = 37,248 >  Ttabel = 1,70 dapat di lihat juga dari perhitungan taraf signifikannya apabila H0 = Sig ? 0,05 (5%) diterima atau H1 = Sig < 0,05 (5%) diterima diketahui nilai signifikasi 0,0001. Karena nilai Sig 0,0001 < 0,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, maka ada pengaruh signifkan efektivitas model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search Our, Trigger, Exhibit, Reflect) terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 49 Makassar.

References

Adi, Sobron.2020. Studi Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV.Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 3 No 3.Sukoharjo. Diakses 19 Februari Kemdiknas. (2013). Perkembangan Pendidikan Budaya Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Lubis, Mawardi.2008. Evaluasi Hasil Belajar.Bengkulu. Pustaka Belajar. Diakses 16 Januari 2022

K.P. Wahyuni, N.M.S Mertasari, I.N. Gita. Pengaruh Model Pembelajaran Master Berbantuan Midmapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 3 Singaraja.Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha.Vol X No 2.Singaraja. Diakses 15 Desember 2021

Matondang, Zulkifli.2019. Evaluasi Hasil Belajar.Jakarta : Yayasan Kita Menulis.Diakses 20 April 2022

Muhibbin Syah.1999.Psikologi Belajar. Jakarta : PT Logos Wacana Ilmu. Diakses 27 April 2022

Nana Syaodih Sukmadinata .2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Diakses 27 April 2022

Nurlaili dan Febrina.2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran MASTER Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.Jurnal.Samarinda.Universitas Mulawarman.Diakses 25 Feb 2022

Opi Supiyah.2010. Model Kuasi dan Pemecahan Masalah dalam Matematika.Universitas Pendidikan Indonesia.Bandung. Diakases 16 Desember 2022

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung. PT Raja Grafindo Persada. Diakses 20 November 2021

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif,dan . . . 147. Diakses 3 Februari 2022

Tiro. 2015.Dasar-dasar Statistika.Makassar.State University Of Makassar. Diakses 5 Januari 2022

Trianto.2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta. Diakses 18 Juni 2022

Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara. Diakases 19 Juni 2022

Wahyuni,V.N. 2021.Efektifitas Penggunaan Google Meet Dalam Pembelajaran Daring TerhadapPeningkatan Hasil Belajar SiswaKelasV Sd Al-IslamPlus Krian Sidoarjo. Skripsi. Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya. Diakses 2 Januari 2022

Soal Pretest

https://www.ahzaa.net/2021/03/seri-latihan-ips-kelas-8-smp-mts.html?m=1 Diakses 13 Mei 2022 Soal Posttest

https://www.ahzaa.net/2021/03/seri-latihan-soal-ips-kelas-8-smp-mts.html Diakses 13 Mei 2022

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Aslindawaty, N. ., Dwiyanti, D., & Syam, N. A. P. . (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER (MIND, ACQUIRE, SEARCH OUT, TRIGGER, EXHIBIT, REFLECT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII UPT SPF SMP NEGERI 49 MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 56–64. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23987