PENERAPAN NILAI-NILAI BUDAYA DI LINGKUNGAN SD INPRES MAUMERE

Authors

  • Sonya Kristiani Maria Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23949

Keywords:

Nilai-nilai budaya; SD Inpres Maumere

Abstract

Pendidikan yang berkualitas adalah sebuah proses pendidikan yang mampu menjadikan siswa secara aktif untuk mengembangkan potensi dirinya. Tujuan penelitian iniadalah untuk menganalisis penerapan nilai-nilai budaya di lingkungan SD Inpres Maumere. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan pendekatan natulalistik untuk mencari dan menemukan atau pemahaman tentang fenomena berupaya membangun pandangan orang yang diteliti secara rinci serta dibentuk dengan kata-kata menyeluruh dan mendalam. Penelitian kualitatif dimaksud sebagai jenis penelitian yang temuantemuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai budaya di lingkungan sekolah SD Inpres Maumere sudah mengetahui dan sangat memahami nilai-nilai budaya. Penerapan nilai-nilai budaya tersebut meliputi 5S dan 9K yakni 5S : Senyum, Sapa, Salam, Sopan Santun. Sedangkan 9K yakni : Keteladanan, Kesehatan, Ketertiban, Keamanan, Kebersamaan, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, dan Keterbukaan.

References

Aprilia, Anisa, and Effendi Nawawi. 2023. Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah Dalam Jurnal Pengabdian West Science 2.01.

Desyandri. 2018. Nilai-nilai kearifan lokal untuk menumbuhkembangkan literasi budaya di sekolah dasar. Dalam Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 27.1.

Fahira, Nureza, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2021. Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar dalam Jurnal QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13.2.

Fauzi, Hasnan Nur, Joko Sulianto, and Ervina Eka Subekti. 2023. Pembentukan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah Di SD Supriyadi Kota Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9.2.

Harsid, Gissa Nurlely, and Umamatul Khaeriyah NailyEl‘izzah. Budaya Senyum Sapa Salam Sopan Dan Santun (5S) Sebagai Implementasi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMPN 1 Suranenggala.

Kurniawan, Farida. 2016. Analisis Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Kelas III SD N 2 Blunyahan." Universitas Negeri Yogyakarta .

Lusyanti, D., Susilawati, W. O., & Prananda, G. 2021. Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah DI SDN 058/II Sari Mulya. Jurnal Dharma PGSD, 1(1).

Lessy, Zulkipli, et al. 2022. Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 3.02.

Silkyanti, Fella. 2019. Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal 2.1.

Susilo, Fera, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2021. Analisis Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.3.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Maria, S. K. . (2023). PENERAPAN NILAI-NILAI BUDAYA DI LINGKUNGAN SD INPRES MAUMERE . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 967–976. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23949