PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS SD

Authors

  • Kiki Aryaningrum Universitas PGRI Palembang
  • David Budi Irawan Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23853

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, IPS, SD

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan bahan ajar mata kuliah Konsep Dasar IPS SD bagi mahasiswa PGSD. Mendeskripsikan hasil perancangan bahan ajar mata kuliah Konsep Dasar IPS SD bagi mahasiswa PGSD. Mendeskripsikan hasil pengembangan bahan ajar mata kuliah Konsep Dasar IPS SD bagi mahasiswa PGSD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian RnD dengan tipe 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar angket, lembar observasi. Kelayakan bahan ajar mata kuliah Konsep Dasar IPS SD sudah dilakukan tahap validasi ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli diketahui bahwa buku Konsep Dasar IPS SD yang dikembangkan sudah sesuai dengan tujuan pengembangan karena memiliki kategori valid, pada aspek isi 88,1%, aspek konstruk 89,7% dan aspek bahasa 89%. Berdasarkan respon mahasiswa terhadap buku konsep dasar IPS yang dikembangkan memiliki rata-rata skor 43,1. Ini berarti sekitar 80% mahasiswa merespon positif terhadap penggunaan buku, baik dari aspek penyajian bahan ajar, cakupan materi, permaslahan yang disajikan, kesesuaian bahasa dan ketertarikan terhadap bahan ajar. Selain itu, skor rata-rata respon mahasiswa terhadap penggunaan buku adalah 4,31 dari skala 5, yaitu pada kategori sangat praktis.  

References

Amanda, R., Erlisnawati, & Kurniawan, O. (2022). Analisis Keterampilan Komunikasi dalam Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Educhild?: Pendidikan Dan Sosial, 11(2), 75–79.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsal, Muhammad., Danial, Muhammad., & Yusminah Hala. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Thesis. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Feriyanti, Nindy. (2019). PENGEMBANGAN e-MODUL MATEMATIKA UNTUK SISWA SD. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1).

Gunawan, R. (2016). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi (3rd ed.). Alfabeta.

Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan IPS Di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3493

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi ( Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang : Akademia Permata.

Liu, Min. (2005). Motivating Students Through Problem-based Learning.

Majid, Abdul. (2015). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Naval, D.J, (2015) “Development and Validation of Tenth Grade Physics ModulesBased on Selected Least Mastered Competencies”, International Journal Of Education and Research Vol. 2 No. 12 December 2014. http://www.ijern.com/journal/2014/Dece mber-2014/14.pdf. 11 Oktober 2015

N. Izzati, “Pengembangan Modul Tematik dan Inovatif Berkarakter PadaTema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Oktober 2013): 183

Ningtyas, Retno dan Tri Nova Hasti Yunianta, “Pengembangan HandoutPembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III,” Tersedia Online di Program Studi Pendidikan Matematika-FKIP – UKSW Salatiga, September 2014

Nusa Putra. 2021. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

O. Izzati, “Pengembangan Modul Tematik dan Inovatif Berkarakter PadaTema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Oktober 2013): 183

Putra, Baskara. 2017. Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja,” Tersedia Online di Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No. 1, Januari 2017, Hal: 40.

Riduan. 2020. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara

University of Texas : Austin. [online]. Tersedia : http:// [22-03-2007]

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan danAplikasinya. Jakarta: Rineka Bhineka

Winarno, M.E. 2011. Metode Penelitian dalam Pendidikan Jasmani.Malang: Media Cakrawala Utama Press.

Winkel, WS. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Aryaningrum, K. ., Irawan, D. B., & Nurhasana, P. D. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1450–1459. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23853