PENDEKATAN PEMROSESAN INFORMASI KOGNITIF

Authors

  • Amanah Putri Fadillah Universitas Islam negeri Sumatera Utara
  • Fannia Sri Juwita Universitas Islam negeri Sumatera Utara
  • Najwa Mawaddah Universitas Islam negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23810

Keywords:

Pemrosesan Informasi, Kognitif, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan pemrosesan informasi yang menjelaskan tentang suatu proses pemrosesan, penyimpanan, dan pemanggilan kembali suatu informasi (data) dari otak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Studi literatur. Dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemrosesan informasi adalah proses mengolah informasi, melacak informasi, dan membuat strategi untuk menggunakannya yang merupakan merupakan proses memori dan proses berpikir (thinking). Fungsi memori manusia sangat terkait dengan pemrosesan informasi yang mencakup banyak hal, seperti mengumpulkan dan menerima stimulus dari lingkungan, mengorganisasi data, memecahkan masalah, menemukan solusi, dan menemukan kesalahan. Dengan menggunakan model pembelajaran pemrosesan informasi, tujuannya adalah agar siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka selama proses pembelajaran melalui aktivitas yang berkaitan dengan proses atau pengolahan informasi.

References

Hidayat Wahyu & Fadilah, Zulfa. 2023. Model Dan Strategi Dalam Menghadapi Perubahan Di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 1: 1-8.

Pramesti, Cicik. 2017. Penerapan Pendekatan Pemrosesan Informasi Bagi Mahasiswa. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan. Vol. 3 No. 1.

Prima, Ellen. 2016. Cognitive Science Dan Cognitive Development Dalam Pemrosesan Informasi (Information Processing) Padaanak. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Vol. 10, No. 2: 219-230.

Priyadharma, Subekti W. 2019. Model Pemrosesan Informasi Gregory Bateson Dalam Pendekatan Sibernetis”. Jurnal Manajemen Komunikasi, Vol. 44 No.1: Hal 105-123

Rehalat, Aminah. 2014. Model pembelajaran pemrosesan informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 23, No. 2):1-10.

Risda, Risda. dkk. 2023. Pendekatan Pemrosesan Informasi. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies. Vol. 3, No. 1: 49-59.

Sadikin, Muhammad. dkk. 2021. Analisis Pelaksanaa Pembelajaran Pemrosesan Informasi Dalam Mata Pembelajaran Sejarah Dikelas XI Madrasah Aliyah Al-Muttaqin Kabupaten Kapuas Hulu. Vol. 3 , No. 2.

Saprya. dkk. 2014. Pengaruh Bidang Keahlian Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Pengembangan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu social. Vol. 23, No. 1: 44-49

Suprapto, Anas. 2015. Pengembangan Metodologi Pembelajaran PAI melalui teori pemrosesan informasi dan teori neuroscience. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 2, No. 1.

Suryana, Ermis. dkk. 2022. Teori Pemrosesan Informasi Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 8, No. 3.

Sweller, John & Susan Sweller. 2006. Natural information processing systems. Evolutionary Psychology,. Vol. 4, No. 1, 147470490600400135.

Wisman, Yossita. 2020. Teori Belajar Kognitif dan Implementasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang. Vol. 11, No.1: 209-215.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Fadillah, A. P., Juwita, F. S. ., & Mawaddah , N. . (2023). PENDEKATAN PEMROSESAN INFORMASI KOGNITIF. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 906–911. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23810