PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV

Authors

  • Napisah Napisah Universitas Negeri Makassar
  • Syamsul Bachri Thalib Universitas Negeri Makassar
  • Patang Patang Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.23771

Keywords:

Media Kartu Kata, Keterampilan Menulis

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri Panaikang I Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media kartu kata sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Panaikang I Kota Makassar, sedangkan sampelnya adalah kelas IV.a sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas IV.b sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes berupa soal pilihan ganda dan isian terkait keterampilan menulis berupa pretest dan posttest. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 29. Teknik analisis data menggunakan analisis independent sampel t-test (uji-t). Hasil keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan yang dilihat dari hasil analisis t-test yaitu thitung (3,783) > ttabel (1,672). Dapat disimpulkan bahwa media kartu kata memberi pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis pada siswa SD Negeri Panaikang I Kota Makassar.

References

Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media audiovisual dan metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).

Arief S. Rahardjo. dkk. 2012. Media pembelajaran. Edisi revisi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Arsyad A. 2011/2013. Media Pembelajaran. Edisi revisi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Budiyono, H. (2012). Pembelajaran keterampilan menulis berbasis proses menulis dan teori pemerolehan bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1).

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Rajawali Pers. Jakarta.

Hariati, 2015. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Iskandarwassid&Sunendar. D, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Edisi Revisi. Pt. Remaja Rosdakarya. Ibu Inggit Gamasih-Bandung.

Nafi’ah, S.N. 2018. Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi 1. AR-RUZ MEDIA. Sleman-Yogyakarta.

Rahayu, T. 2020. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Dan Penguasaan Kosakata. Tarbiyatul Misbah (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan). 13 (2 Desember), 276-286.

Sakilla, 2017 Media pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. GUEPEDIA

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 37. Ayat 1.

Widiawati, L. (2012). Penggunaan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SDN Girimoyo III Karang Ploso (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Napisah, N., Bachri Thalib, S. ., & Patang, P. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4411–4419. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.23771