PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 7 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Mery Chris Isabella Saragih Universitas Efarina
  • Adi Syahputra Manurung Universitas Efarina
  • Dameria Sembiring Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23631

Keywords:

Teks, pre-test, post-test, self, directed, learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa. Penelitian   ini   dilakukan   pada   tahun   2023   di   SMP   negeri 7 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan model one group pretest-posttest. Selanjutnya penelitian ini akan dibandingkan dengan sampel uji terkait pada taraf signifikan atau taraf 0,05 (95%). Hasilnya nilai rata-rata pretest = 45,59 dan nilai rata-rata posttest = 83. dari analisis data, hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil penelitian diperolehthitung = 15,45  dengan taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) dengan df 31 diperoleh t tabel 2,040. dengan demikian jikathitung > ttabel yaitu (15,45>2,040) maka Ho ditolak, dengan penolakan Ho maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 7 Pematang Siantar lebih baik setelah menggunakan metode Self-directed Learning.

References

Anggun, Citra Dini Dwi Puspitasari. 2017. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Menulis Cerpen. Jurnal SAP, 3(1).

Herman., Purba, R., Thao, N. V., & Purba, A. (2020). Using Genre-based Approach to Overcome Students’ Difficulties in Writing. Journal of Education and E-Learning Research, 7(4), 464-470. https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.74.464.470

Mery, dkk. (2020). Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Berbasis Metode Oudoor Study. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan. 18,(02), 152-153

Mery, Adi. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Experiental Learning. Jote: Jurnal On Theacher Education. 4(4), 266.

Munir, Yusuf. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo:Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Nurgiyantoro,Burhan. 2019. Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Pardede, H. and Herman. (2020). The Effect of Numbered Heads Together Method to the Students’ Ability in Writing Recount Text. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Jayapangus Press, ISSN 2615-0913 (E), Vol. 3 No. 2 (2020), PP. 291-303. DOI: 10.37329/cetta.v3i2.455

Rahman, ABD., Sabhyati Asri Munandar, Andi Fitrianoi, Yuyun Karlina dan Yumriani. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa:Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Rajagukguk, T. A., Herman. H., & Sihombing, P. S. R. (2020). The Effect of Using Collaborative Writing Method on Students’ ` Recount Text at Grade Ten of SMK YP 1 HKBP Pematangsiantar. Acitya: Journal of Teaching and Education, 2(2), 95-114. DOI: https://doi.org/10.30650/ajte.v2i2.1363

Siagian, Heltaria., Jontra Jusat Pangaribuan, Patri Janson Silaban. 2020. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).

Silalahi, D. E., Sihombing, P. S. R., Herman, and Purba, L. (2021). High Order Thinking Skill (HOTS) Questions on Learners’ Writing Ability of Report Text at EFL of FKIP Universitas HKBP Nommensen. Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 14, No. 2, PP. 17-32. DOI: https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.33

Simare mare, R. M., Herman, H., Purba, C. N., Sinurat, B., and Saputra, N. (2022). Students’ difficulties in writing recound and narrative text. Jurnal Scientia, 11(1), 592-597. DOI: 10.35337/scientia.Vol11.pp560-565

Sinaga, H., Herman., and Hutauruk, B. S. (2020). Students’ Difficulties in Using Personal Pronouns in Writing Recount Text. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 5(1), 29-36. https://doi.org/10.32923/sci.v5i1.1341

Sukirman. 2020. Tes Kemampuan Kemampuan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi,9(2).

Zamnah, L. N., & Ruswana, A. M. 2018. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self-Confidence Melalui Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (Pisi). Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1). htSDL://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2984

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Saragih, M. C. I. ., Manurung, A. S., & Sembiring, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 7 PEMATANGSIANTAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4290–4302. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23631