ANALISIS STRATEGI HUMAS PEMERINTAHAN ERA MILENIAL DALAM MENGHADAPI TATA KELOLA INFORMASI PUBLIC

Authors

  • Erwan Effendi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Baginda Mulia Pohan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dinda Almunawaroh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Myori Syahputri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23628

Keywords:

Humas pemerintahan; strategi; teknologi; milenial; informasi public

Abstract

Potensi peran humas pemerintah di era milenial sangatlah tinggi seiring dengan kemajuan teknologi informasi, iklim demokrasi yang terbangun, serta masyarakat yang semakin kritis. Mewujudkan lembaga Humas Pemerintahan yang memiliki tata kelola informasi yang baik dan adaptif terhadap perubahan zaman sangatlah tidak mudah. Terdapat peluang dan kendala untuk mewujudkan aparatur pelaksana Humas Pemerintahan yang profesional tergantung pada visi, misi, strategi dan taktik pimpinan dalam memberdayakan peran, fungsi, serta kewenangan lembaga kehumasan dalam mengelola informasi publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur dan model mekanisme strategi humas pemerintahan di era milenial. Penelitian ini berdasarkan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian dilakukan secara primer, yaitu wawancara pada informan yang menjabat sebagai pengelola aktivitas lembaga kehumasan tingkat pemerintahan pusat, provinsi, dan kabupaten/kota dan data sekunder melalui studi dokumentasi dan observasi non partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas pemerintah pada era milenial mengutamakan pada peningkatan aspek kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan melalui pemanfaatan platform media konvensional dan media digital guna mewujudkan layanan komunikasi dan informasi publik yang efektif dan berkualitas dalam mendukung tata kelola informasi publik yang terbuka. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pelibatan stakeholders, strategi pengemasan pesan narasi tunggal, strategi media konvensional, dan strategi media sosial dilakukan secara optimal dan terintegrasi dalam rangka mencapai transformasi lembaga kehumasan pemerintah yang dapat berperan aktif pada pengelolaan kebijakan komunikasi strategis pimpinan dan lembaga.

References

Arief, N. Nurlaela, & Saputra, M. A. A. (2019). Kompetensi baru public relations (PR) pada era artificial intelligence. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1–12. https://doi. org/10.37396/jsc.v2i1.19

Arief, N. Nurlalela. (2019). Public relations in the era of artificial intelligence: bagaimana big data dan AI merevolusi dunia PR. PT Simbiosa Rekatama Media.

Azhary, S. (2020). Strategi pemeliharaan relasional dalam kegiatan public relations online badan publik di Indonesia. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 193. https://doi. org/10.24198/prh.v4i2.19558

Budhirianto, S. (2020). Transformasi pendekatan komunikasi publik pada humas pemerintah di era digital. In C. S. D. Takariani, D. Praditya, & Lia Puspitasari (Eds.), Media, Komunikasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi (1st ed.). Penerbit Halima.

Cangara, H. (2014). Perencanaan& Strategi Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Gasing, S. S., & Suryanto. (2016). Public Relation. Yogyakarta: Andi.

Hartini, T. (2019). Upaya Perhumas Dalam Meningkatkan Kompetensi Public Relations. Makna : Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 31–57. http://jurnal. unismabekasi.ac.id/index.php/makna/ article/view/1671

Herdiana, D., & Khoiruddin. (2016). Peran dan strategi humas dalam pembentukan citra perguruan tinggi islam. ANIDA, 15(2), 317–338.

Hereyanto. (2017). Analisis capaian keterbukaan informasi publik pada Pemerintah Kota Banjarmasin. MetaCommunication: Journal of Communciation Studies, 2(2), 38–52. https://doi.org/http://dx.doi. org/10.20527/mc.v2i2.4085

Inspirasi. (2019). Transformasi Humas dalam Era Revolusi 4.0. Bamboedoea, 1–2. http://bamboedoea.com/wp-content/ uploads/2019/03/Inspirasi-Edisi-20-8- halaman-4.pdf

Iriantara, Y. (2019). Humas Pemerintah 4.0.

Media Nusantara, 16(1), 13–26. http://ojs. uninus.ac.id/index.php/MediaNusantara/ article/view/630

Kartika, R. (2020, April). Mix - April-Mei 2020. pdf. PR Indonesia, 6–7.

Kriyantono, R. (2018). Peran manajerial dan teknisi humas lembaga pemerintah dan swasta. Aristo, 6(1), 1. https://doi. org/10.24269/ars.v6i1.760

Kusumadinata, A. A., & Fitriah, M. (2017). Strategi Komunikasi Pelayanan Publik melalui Program Pos Pemberdayaan Keluarga. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 225–

http://jurnalaspikom.org/index.php/ aspikom/article/view/130 Martinelli, D. K. (2012). The Practice of Government Public Relations. In M. Lee, G. Neeley, & K. Stewart (Eds.), The Practice of Government Public Relations (pp. 143-). Taylor & Francis.

Meranti, & Irwansyah. (2018). Transformasi dan kontribusi industri 4.0 pada stratejik kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 27–36. https:// jurnal.kominfo.go.id/index.php/jtik/article/ view/1458

Muhajirin, & Panorama, M. (2017). Pendekatan praktis metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Idea Press.

Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–

Pohan, H. A. (2019). Kepemimpinan di Era Milenial Ditinjau dari Aspek Komunikasi. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 3(2), 156–174. http://jurnal. radenfatah.ac.id/index.php/JKPI/article/ view/5645/2966

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5(1), 22–27. https://doi. org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417

Pujileksono, S. (2016). Metode penelitian komunikasi kualitatif. Kelompok Instrans Publishing.

Ristanto, T. (2014). Peran Humas Pemerintah Kota Balikpapan Dalam Mengimplementasikan Konsep Smart City Di Kota Balikpapan. Commonline Departemen Komunikasi, 4(1), 387–399. http://journal.unair.ac.id/download- fullpapers-comm35b76ba2bdfull.pdf

Sabrina, A. R. (2018). Literasi digital sebagai upaya preventif menaggulangi Hoax. Jurnal

Communicare, 5(2), 31–46. https://doi.org/ https://doi.org/10.37535/101005220183

Sahlan, M., Septiani, E., & Khadiq. (2016). Studi analisis indeks kepuasaan stakeholders terhadap pelayanan publik pada bagian humas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Profetik, 9(2), 15–24. http://ejournal. uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/ view/092-02/1098

Sani, A., Hidayat, M., & Sjafirah, N. A. (2020). Pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah. PRofesi Humas, 4(2), 215. https://doi.org/10.24198/prh. v4i2.23528

Sarosa, S. (2017). Penelitian kualitatif dasar- dasar. Jakarta: Indeks.

Setiaman, A., Sugiana, D., & M, J. N. (2013). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 196–205. https://doi. org/10.24198/jkk.v1i2.6044

Siddiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan (A. Mujahidin (ed.)). CV. Nata Karya.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Effendi, E., Pohan, B. M., Almunawaroh, D., & Syahputri, M. (2023). ANALISIS STRATEGI HUMAS PEMERINTAHAN ERA MILENIAL DALAM MENGHADAPI TATA KELOLA INFORMASI PUBLIC. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4283–4289. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23628