PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SANGEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Ifan Dwi Mahendra Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Suhadi Suhadi Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Yetty Faridatul Ulfah Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23582

Keywords:

Prestasi Belajar, Index Card Match, Pembelajaran Fiqih.

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan suatu proses pembelajaran. Dengan kata lain hasil belajar yang diperoleh peserta didik mencerminkan tingkat penguasaan terhadap materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui persentase hasil belajar siswa sebelum penggunaan strategi index card match (ICM) pada mata pelajaran pelajaran fiqih materi thaharah di MTs Muhammadiyah Sangen tahun pelajaran 2023/2024. 2) Untuk mengetahui penerapan strategi ICM dalam mata pelajaran fiqih materi thaharah di MTs Muhammadiyah Sangen tahun pelajaran 2023/2024. 3) Untuk mengetahui persentase peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi ICM dalam mata pelajaran fiqih materi thaharah MTs Muhammadiyah Sangen tahun pelajaran 2023/2024. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Sangen, Krajan, Weru, Sukoharjo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara tes, dan dokumentasi. Adapun rancangan dari penelitian ini adalah: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen, yaitu: pedoman wawancara, lembar observasi, lembar evaluasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis data kualitatif yang berupa hasil tindakan dan hasil pengamatan. Hasil dari PTK ini adalah: 1) Berdasarkan hasil observasi pra siklus diketahui persentase prestasi belajar siswa dalam mata fiqih kelas VII di MTs Muhammadiyah Sangen adalah sebesar 49% dan nilai rata-rata kelas 71,6. 2) Penerapan strategi ICM di MTs Muhammadiyah Sangen dilakukan dengan 2 siklus, dengan waktu 2 jam pelajaran pada masing-masing siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Evaluasi dilakukan di akhir pembelajaran dengan metode tes tertulis.  3) Setelah dilakukan tindakan PTK  siklus I, presentase ketuntasan belajar siswa naik menjadi 72% dengan nilai rata-rata kelas 80,38. Pada siklus ini nilai rata-rata sudah sesuai dengan indikator yang di tetapkan, akan tetapi persentase ketuntasan belum sesuai, sehingga dilakukan siklus II. Hasil persentase ketuntasan pada siklus II adalah 87% dengan nilai rata-rata 87,94. Hal ini sudah sesuai dengan indikator yang ditetapkan, maka siklus III ditiadakan. Dapat disimpulkan bahwa strategi ICM terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran fiqih di MTs Muhammadiyah Sangen.  Saran dari penelitian ini diharapkan guru lebih terampil dalam memilih strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan bagi siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

‘Adzim, Muhammad Fauzil, S.Pd. Dan Dr. Sukiman, M.Pd. 2020. Fiqih Materi Thaharah (Bersuci). Yogyakarta. Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Achmadi. 2005. Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agustin, Reyna Yulia, Nashir, Muhammad Ja'far, Fatchurrohman, Muhammad, Fatimah, Meti. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VII SMP Muhammadiyah Watukelir Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022. Mamba’ul ’Ulum, 19 (1), 36–46. https://doi.org/10.54090/mu.95.

Ahmad. 1996. Tafsir Metodologi Pengajaran Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alaiddin, Koto. 2006. Ilmu Fiqih Dan Ushul Fiqih. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Al-Hafiz, Abdul Aziz Abdul Rauf. 2015. Pedoman Daurah Al-Qur’an : Panduan Ilmu Tajwid. Aplikatif. Jakarta: Markaz Al-Qur'an.

Al-Suwartiani, Suwarni. 2017. Metode Index Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel Ips Kelas VI SD, Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, Vol. 1 No. 1.

Aprilia, Ratna Dwi. 2021. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Pondok Modern Paciran.” Jurnal Mahasiswa Pendidikan 1, no. 1. DOI:10.37286/jmp.v1i1.140

Aqib. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Asrofi, Muhammad. 2022. Efektifitas Pendekatan Santifik Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kelas IV (Study Eksperimen di MI Maulana Maghribi Pundong Bantul). Mamba’ul ’Ulum, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.54090/mu.53.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Derfi, Mei, Rahman, Yulia, & Andhika, Feri. 2023. Penerapan Strategi Bingo Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Thaharah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Page 49–56. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.114.

Dinas Pendidikan. 2007. Lampiran Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Dinas Pendidikan.

Dwi Pratiwi, Elza. 2022. Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Krian Sidoarjo. Skripsi, UINSA Surabaya. http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55009.

Gunawan, Imam, Palupi, Anggarini Retno. 2016. Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian, Jurnal IKIP PGRI Madiun.105-107. 2528-5173.

Hafsah. 2013. Pembelajaran FIKIH. Bandung: Cipta pustaka Media Perintis.

Hakim, Atang Abdul. 2000. Metodologi Studi Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Herawati, Dedeh. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Tipe Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih: Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V MI Al-Furqon Genteng Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:149595943.

Iskandar. 2016. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kusumawati, Linda. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Adzan Melalui Strategi Index Card Match Kelas II MI Nur Rahman Sambilulu Taman Sidoarjo. Skripsi UINSA Surabaya. http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31003.

La Fua, Jumarddin, Dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 1 Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah, Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 3 No. 1, Hal. 40.

Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Mas'ud, Imam Muhammad Khalid. 2000. Shatibi's Philosophy Of Islamic Law. Malaysia: Islamic Book Trust.

Mukarromah, Ayyub. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Contextulal Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih Kelas X IPA Di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi : UIN KHAS Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13856.

Rambe, Riris Nur Kholidah. 2018. Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Tarbiyah, Vol. 25, No. 1.

RI, Departemen Agama. 2016. Yasmina Al-Qur’an Dan Terjemah. Bandung: Syaamil Qur’an.

Rofiq, Ahmad. 2000. Hukum-Hukum Islam Di Indonesia. Jakarta: Raja Garfindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2015. Penilaian Auntetik Pembelajaran Afektif, Kognitif, Dan Psikomotor Edisi, Ed. 1, Cet. 1. Penerbitan, Jakarta: Rajawali Pers: Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Suyono Dan Hariyanto. 2017. Belajar Dan Pembelajaran: Teori Dan Konsep Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Pendidikan Agama Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Pt Remaja Roasdakarya.

W.S. Wingkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Zahroh, Imam Muhammad Abu. 2010. Ushul Fiqih. Kairo: Dar Al-Fikr Al-Arobi.

Zaini, Hisyam. 2004. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ctsd.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Mahendra, I. D. ., Suhadi, S., & Ulfah, Y. F. (2023). PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SANGEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4237–4248. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23582