ANALISIS KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MAYASARI BAKTI)

Authors

  • Mia Sumiarsih Universitas Mayasari Bakti
  • Adi Dadan Ramdana Universitas Mayasari Bakti
  • Syafari Suryo Pranoto Universitas Mayasari Bakti
  • Raisman Hadi Hidayat Universitas Mayasari Bakti
  • Hanif Insani Universitas Mayasari Bakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23575

Keywords:

Kualitas, Layanan Akademik, Importance Performance Analysis (IPA)

Abstract

Kualitas layanan akademik di perguruan tinggi adalah aspek penting dalam memastikan pendidikan yang bermutu dan memuaskan mahasiswa. Layanan akademik yang baik bertendensi kepada mutu pendidikan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk   mengetahui tingkat kesesuaian dan tingkat kesenjangan kualitas layanan akademik antara yang dirasakan (Performance/kinerja) dengan yang diharapkan (Importance/pentingan), serta untuk menganalisis kualitas layanan akademik pada Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mayasari Bakti. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Teknik Importance Performance Analysis (IPA) dengan cara menggabungkan pengukuran faktor tingkat Importance/ kepentingan dan tingkat Performance/ kepuasan dalam grafik dua dimensi. Interpretasi grafik IPA dilakukan dengan cara membagi grafik IPA menjadi empat buah kuadran berdasarkan hasil pengukuran importance-performance. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kesesuaian dibawah 100 % yang artinya kualitas layanan akademik belum mencapai tingkat harapan yang diinginkan. Setiap penilaian mendapatkan hasil minus (-), yang artinya bahwa kualitas layanan akademik belum sesuai dengan harapan penggunanya. Dari hasil analisis kuadran Importance Performance Analysis (IPA) indikator “Ruang kelas selalu dalam keadaan bersih”, “Jumlah ruang kelas untuk pembelajaran sudah memadai”, dan “Kampus menyediakan layanan bimbingan dan konseling bagi mahasiswa”  terletak di kuadran II. Indikator tersebut memiliki tingkat performance (kinerja) yang rendah dengan tingkat Importance (pentingan) yang tinggi sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas layanan akademik.

References

Dafid. 2018. "Penggunaan Metode IPA dan Webqual untuk Mengukur Kualitas Sistem Informasi Akademik," Jurnal Ilmiah Informatika Global, Vol. 09, No. 2, pp. 71-76, 2018

H. B. Kusuma, S. and H. M. Az-Zahra. 2019. "Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 3, pp. 2344-2353, 2019.

Ho, T. H..2013. Improving the Quality of Service: Importance-Performance Analysis (IPA) in Educational Administration.

Martilla, J. A., & James, J. C. 1977. An empirical study of importance-performance analysis.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L.2002. Measuring Service Quality in Higher Education: Development of a Service Quality Scale.New York:Mc Milan.

Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. 2017. Kementerian Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Penjaminan Mutu.

S. Anwar.2012. Reliabilitas dan Validitas, 4th ed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta.

Sugiyono.2020. Metode Penelitian, Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methids). Bandung:Alfabeta.

Syamsudin and Damiyati.2011. "Metode Penelitian Pendidikan Bahasa," in PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Sumiarsih, M. ., Ramdana, A. D. ., Pranoto, S. S. ., Hidayat, R. H. ., & Insani, H. . (2023). ANALISIS KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MAYASARI BAKTI). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4214–4223. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23575