PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DI LEMBAGA BIDANG PENDIDIKAN

Authors

  • Manja Asmira Universitas Karimun
  • Maria Herliyani Dua Piza Universitas Karimun
  • Rido Febriansyah Universitas Karimun
  • Haryati Haryati Universitas Karimun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23471

Keywords:

Strategi, Strategi Komunikasi, Sektor Publik, Lembaga Pendidikan.

Abstract

Sektor publik merupakan lembaga atau organisasi yang didirikan, didanai, serta dijalankan oleh pemerintah guna untuk menyediakan layanan bagi masyarakat dalam berbagai bidang seperti bidang kesehatan, pendidikan, keamanan serta bidang transportasi. Sekolah atau lemabaga merupakan simbol hubungan antara pemerintah dan masyarakat setempat. Komunikasi merupakan hal penting dalam terjalinnya hubungan antar lembaga pendidikan dan masyarakat setempat. Dalam menciptkan komunikasi yang efektif, komunikasi dilakukan dengan menggunakan strategi-strategi komunikasi. Strategi komunikasi ini dimaksudkan agar terciptanya sama makna (satu pemahaman menganai makna pesan) antar kedua belah pihak. Tujuannya adalah mengetahui bagaimana penerapan startegi komunikasi yang dilakukan oleh lembaga bidang pendidikan seperti sekolah. Artikel ini ditulis berdasarkan kajian literatur dengan menggunakan metode analisis data deskriptif. Hasil dari kajian literatur adalah terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh lembaga bidang pendidikan untuk mencapai komunikasi efektif, yaitu (1) mengenal lingkungan tempat beradanya sektor publik dibidang pendidikan, (2) Penyusunan pesan yang akan disampaikan, (3) pemilihan media yang tepat, (4) memperhatikan jaringan komunikasi, (5) Feedback (Umpan balik) sebagai kunci evaluasi. Kesimpulan adalah Selain memiliki strategi-strategi yang jitu, sebuah organisasi harus dapat melakukan penerapan terhadap strategi-strategi tersebut agar komunikasi dapat menjadi efektif. Hal ini dilakukan untuk mencapai kesepahaman bersama, komunikan dapat menerima pesan yang sebenarnya dimaksud oleh komunikator tanpa ada kesalahpahaman komunikator dapat menerima umpan balik yang diberikan sebagai bahan evaluasi serta kunci untuk meningkatkan kualitas organisasi.

References

Armin Naway, F. (N.D.). Komunikasi & Organisasi Pendidikan.

Chotimah, C. (N.D.). Strategi Komunikasi Lembaga Pendidikan Dengan Masyarakat.

Kusuma Vardhani, N., Siwi Purwaning Tyas, A., Studi Bahasa Inggris, P., Bahasa, D., Dan Manajemen Budaya, S., & Vokasi, S. (N.D.). Agnes Siwi Purwaning Tyas-Strategi Komunikasi Dalam Interaksi Dengan Mahasiswa Pertukaran Asing.

Mahsun, M., & Si, M. (N.D.). Pengertian Dan Ruang Lingkup Organisasi Sektor Publik.

R I P S I Oleh, S. K., Aris Handayani, M. M., Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, J., & Dan Dakwah, A. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Usia Dini Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak (Di Pg It Robbani Cendekia Jenangan).

Rachmadani, C. (2013). Strategi Komunikasi Dalam Mengatasi Konflik Rumah Tangga Mengenai Perbedaan Tingkat Penghasilan Di Rt.29 Samarinda Seberang (Vol. 1, Issue 1). www.Tabloidnovakeluarga.Com

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Asmira, M. ., Piza, M. H. D. . ., Febriansyah, R. ., & Haryati, H. (2023). PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DI LEMBAGA BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4128–4133. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23471