ANALISIS WACANA KRITIS MODEL TEUN A. VAN DIJK PADA BERITA DARING BALI POST DENGAN TAJUK “ULAH WNA DI BALI MAKIN ANEH, UGAL-UGALAN DI JALAN HINGGA PROTES KOKOK AYAM

Authors

  • I Komang Sugi Partawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23192

Keywords:

Analisis Wacana Kritis, Teun A. Van Dijk, Turis Di Bali.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis teks berita daring (online) bertajuk “Ulah WNA di Bali Makin Aneh, Ugal-Ugalan di Jalan Hingga Protes Kokok Ayam” pada website resmi balipost.com dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis model Teun A. van Dijk. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis (AWK) model Teun A. van Dijk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada dimensi teks ditemukan elemen-elemen teks, di antaranya koherensi (termasuk koherensi penambahan), bentuk kalimat, kata ganti, latar, detail, maksud, dan grafis. Dimensi tersebut menunjukkan masyarakat dipengaruhi untuk mempercayai semakin anehnya tingkah para turis di Bali. Beberapa dari mereka mencari penghidupan dengan bekerja, berlarian di jalan, dan akhirnya mengeluh tentang suara ayam berkokok. Dalam kognisi sosial ditemukan wartawan yang menunjukkan keberpihakan kepada pemerintah terkait pemberitaan ulah turis yang datang ke Bali melalui berita yang dipublikasikan. Konteks sosial menunjukkan pandemi mulai mereda, namun Ketika banyak wisatawan mengunjungi Bali, mereka tidak hanya melakukan perjalanan liburan, tetapi juga berulah.

References

Afriyadi, A. D. (2022). Sektor Wisata Di Bali Mulai Bangkit, Ini Buktinya. Detikfinace.Https://Finance.Detik.Com/Berita-Ekonomi-Bisnis/D-6298284/Sektor-Wisata-Di-Bali-Mulai-Bangkit-Ini-Buktinya

Arikunto, S. (2013). Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azfar, A. S., & Setiawan, H. (2023). Analisis Framing Pemberitaan Media Online Cnbc Indonesia Dan Republika. Co. Id Terkait Perekonomian Ri Pada Ktt G20 Bali. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 390-400.

Dzulfaroh, A. N. (2023). World Giving Index 2022, Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan Di Dunia. Last Modified.

Eriyanto. (2009). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Jogjakarta: Lkis

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Humaira, H. W. (2018). Analisis Wacana Kritis (Awk) Model Teun A. Van Dijk Pada Pemberitaan Surat Kabar Republika. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 2(1), 32-40.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. Usa: Sage Publications.

Oktiaputri, A. (2023). Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk Terhadap Berita Online “Gaduh Pedulilindungi Dituding Melanggar Hak Asasi Manusia, Ada Apa?”. Semantik, 12(1), 1-20.

Pramitasari, A., & Khofifah, I. (2022). Analisis Wacana Kritis Pendekatan Teun A Van Dijk Pada Pemberitaan “Pmk Mengancam, Ridwan Kamil Minta Pemda Waspadai Hewan Ternak Jelang Idul Adha” Dalam Sindo News. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(2), 307-316.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Ratnaningsih, D. (2019). Analisis Wacana Kritis: Sebuah Teori Dan Implementasi. Kotabumi: Repository.Umko.Ac.Id.

Resta Denpasar (2023). Wakapolda Bali Ikuti Rapat Koordinasi Situasi Keamanan Provinsi Bali Konteks Kegiatan Warga Negara Asing. Diakses Pada 1 Desember 2023. Https://Restadenpasar.Bali.Polri.Go.Id/Wakapolda-Bali-Ikuti-Rapat-Koordinasi-Situasi-Keamanan-Provinsi-Bali-Konteks-Kegiatan-Warga-Negara-Asing/.

Saputra, R. (2023). Analisis Wacana Kritis Teun Van Dijk Pemberitaan Identitas Etnis Pada Media Online Indozone. Id. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 541-549.

Sari, N. K., & Syas, M. 2023. Praktik Hegemoni Media Atas Isu Boikot Produk Prancis Pada Grup Trans Media. Jurnal Isip: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 20(1), 55-71.

Van Dijk, T. A. (1980). Macrostructures: An Interdisciplinary Study Of Global Structures In Discourse, Interaction, And Cognition. In Macrostructures: An Interdisciplinary Study Of Global Structures In Discourse, Interaction, And Cognition. Lawrence Erlbaum Associates.

Van Dijk, T. A. (2000). Ideology And Discourse: A Multidisciplinary Introduction. In Pompeu Fobra University, Barcelona. Pompeu Fabra University.

Veronica, D. N., & Pramitasari, A. (2023). Analisis Wacana Kritis Pendekatan Teun A. Van Dijk Pada Pemberitaan “Pentingnya Transformasi Digital Bidang Pendidikan Untuk Anak Indonesia” Detik. Com Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Menulis Berita Di Smp. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 4, 226-235.

Wulandari, C. (2022). Analisis Wacana Van Dijk Dalam Program Pengarus Utamaan Gender Di Rri Jember (Doctoral Dissertation, Uin Khas Jember).

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Partawan, I. K. S. . (2023). ANALISIS WACANA KRITIS MODEL TEUN A. VAN DIJK PADA BERITA DARING BALI POST DENGAN TAJUK “ULAH WNA DI BALI MAKIN ANEH, UGAL-UGALAN DI JALAN HINGGA PROTES KOKOK AYAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23192