EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NAMLEA

Authors

  • Yulismayanti Yulismayanti Universitas Iqra Buru
  • Harziko Harziko Universitas Iqra Buru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23013

Keywords:

Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Teks Deslripsi

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis teks atau lebih menekankan pada teks disetiap materi pembelajaran. Kemampuan menulis dalam kurikulum 2013 ini dapat diartikan sebagai penggunaan pengetahuan untuk menghasilkan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Permaslahan yang ditemui pada siswa kelas VII SMP Neegeri 2 Namlea yaitu kurangnya minat dan belum terampil dalam menulis teks deskripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Think Talk Write.Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis teks deskripsi tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat disimpulkan sebagai berikut. Tingkat kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Namlea tanpa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata 62,90 dengan kualifikasi 56-65% yaitu cukup. Tingkat kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa kelas VII SMP Negeri 2 Namlea memperoleh nilai rata-rata 81,18 dengan klasifikasi 76-85% yaitu baik. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahawa terdapat efektivitas terhadap penggunaan model pembelajarn (TTW) siswa kelas VII SMP Negeri 2 Namlea karena thitung>ttabel (5,59>1,67).

References

Asih. (2016). Strategi Belajar Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isrok’atun, Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika.

Jakarta: Bumi Aksara.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.

Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nurjamal, dkk. (2013). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Yulismayanti, Y., & Harziko, H. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NAMLEA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3694–3698. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23013