PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Authors

  • Fransiska Maria Universitas Nusa Nipa
  • Hermus Hero Universitas Nusa Nipa
  • Lukas Bera Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22948

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDI Wolomapa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa yang berjumlah 13 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian siklus I pada proses pembelajaran dari aspek guru yaitu 66,6% dengan kategori cukup (C), dari aspek siswa yaitu 68% dengan kategori cukup (C) dan hasil tes belajar yaitu 62.5%. Sedangkan hasil penelitian siklus II pada proses pembelajaran dari aspek guru yaitu 80% dengan kategori baik (B), dari aspek siswa yaitu 78.8% dengan kategori baik (B) dan hasil tes belajar yaitu 79.17%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDI Wolomapa.

References

Acesta, A. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Unissula, 1(2), 96764.

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School, 2(2), 147–158. Https://Doi.Org/10.24256/Pijies.V2i2.959

Anika, E., Hidayat, A., & Ediputra, K. (2018). Viii Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 101–110.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V8i1.26682

Basri, P. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. In Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fip Unm (Vol. 3, Issue 2).

Erfan, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Ki Hajar Dewantara Pada Siswa Diskalkulia. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(1), 18–28. Https://Doi.Org/10.54124/Jlmp.V19i1.60

Mulyani, R., Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38–45.

Najmi, N., Rofiq, M. H., Anas, M., & Arif, M. (2021). The Effect Of Cooperative Learning Model Type Of Teams Games Tournament (Tgt) On Student’s Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 246–258. Http://Jurnal.Staiannawawi.Com/Index.Php/At-Tarbiyat/Article/View/291

Nur Ilmi, Yonathan Saba Pasinggi, Muhammad Amran, I. N. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Uptd Sd Negeri 56 Parepare. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar, Vol. 7 No., 124–129.

Nurhasanah, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Pai Materi Ekonomi Islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal, 1(2), 43–65. Https://Doi.Org/10.15575/Ath.V1i2.2929

Putra, S. H. J. (2020). Pendekatan Saintifik Berbantukan Media Power Point Pada Materi Protista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Bola. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 192–202.

Putra, S. H. J. (2021a). Effect Of Science, Environment, Technology, And Society (Sets) Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes In Biology. Tarbawi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. Https://Doi.Org/10.32939/Tarbawi.V17i2.1063

Putra, S. H. J. (2021b). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas): Dampaknya Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Smp. Journal Of Natural Science And Integration, 4(2), 204. Https://Doi.Org/10.24014/Jnsi.V4i2.10030

Rakhmawati, D. (2018). Teams Games Tournament (Tgt): Improve Motivation Of Studying Social Study Elementary School Students. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 17. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V2i2.26278

Salam, A., Hossain, A., & Rahman, S. (2015). Teams Games Tournaments ( Tgt ). Cooperative Technique For Learning Mathematics In Secondary Schools In Bangladesh. Malaysian Online Journal Of Educational Technology, 3(3), 271–287. Https://Doi.Org/10.4471/Redimat.2015.1519

Santosa, D. S. S. (President U. (2019). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Teamgames Tournament (Tgt) Dalam Pembelajaran. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.

Tati, T., Putra, S. H. J., & Galis, R. (2020). Pengaruh Mpdel Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas Vii Di Smpk Kimang Bulen Nita. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 6–14. Https://Doi.Org/10.55241/Spibio.V1i1.2

Wardhani, N. W. (2016). Pembelajaran Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sebagai Penguat Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Informal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1). Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V13i1.3504

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57.

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Maria, F. ., Hero, H. ., & Bera, L. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3557–3562. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22948