UPAYA GURU DALAM MENGATASI DISLEKSIA PADA SISWA KELAS VI DI SD ALWASHLIYAH 52 DESA PEMATANG JOHAR

Authors

  • Nur Febriyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anjelly Puspa Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zahwa Rembune Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Fajaruddin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Maulidah Hasnah Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22895

Keywords:

Disleksia, Upaya Guru.

Abstract

Disleksia adalah gangguan dari sistem syaraf otak dimana kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Guru haruslah mengupayakan bagaimana cara agar anak disleksia selalu memiliki kemauan untuk belajar membaca ataupun mengeja. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang Upaya guru mengatasi masalah disleksia di kelas VI Sd Alwasliyah 52 Desa Pematang Johar. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, tempat penelitian Sd Alwasliyah 52 Desa Pematang Johar, dilaksanakan pada tanggal 17 oktober 2023, instrument yang digunakan yaitu berupa wawancara. Hasil dari penelitian upaya guru dalam mengatasi disleksia pada kelas VI Sd Alwasliyah 52 Desa Pematang Johar yaitu identifikasi untuk menemukan siswa yang mengalami disleksia, diagnosis penentuan mengenai hasil dari pengolahan data tentang siswa yang mengalami disleksia, prognosi untuk menyusunan rencana atau program yang diharapkan dapat membantu mengatasi masalah disleksia, yang terakhir memberikan bantuan atau terapi berupa bimbingan belajar.

References

Aulia, A. R., & Witono, A. H. (N.D.). Pemberian Motivasi Belajar Siswa Disleksia Kelas 5 Sdn 1 Cenggu Kab. Bima.

A’yun, S. Q., & Latipah, E. (2022). Upaya Guru Dalam Identifikasi Siswa Disleksia. 1(2).

Irdamurni, I., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru Pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 29. Https://Doi.Org/10.24036/Jpkk.V2i2.516

Lidwina, S. (2012). Jurnal Stie Semarang, Vol 4, No 3, Edisi Oktober 2012 (Issn?: 2252-7826). 4(3).

Munawaroh, M., & Anggrayni, N. T. (N.D.). Mengenali Tanda-Tanda Disleksia Pada Anak Usia Dini.

Oktamarina, L., Rosalina, E., Utami, L. S., Dzakiyyah, C., Duati, S. F. K., Sari, R. P., Fajar, M., Utari, N., Wulandari, S. S., Purwanti, F., Utami, K., Lasmi, F., Septiani, R., Vyanti, A., Yanti, D. P., Yanti, S. J., Hesa, C. P., Putri, M. A., Marselina, N., … Julita, M. S. (N.D.). Gangguan Gejala Disleksia Pada Anak Usia Dini.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Susanti, L., Pd, S., & Pd, M. (N.D.). Pemberian Motivasi Belajar Kepada Peserta Didik Sebagai Bentuk Aplikasi Dari Teori-Teori Belajar.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (N.D.). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah.

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Febriyani, N. ., Sari, A. P. ., Rembune, Z. ., Fajaruddin, M. ., & Anas, M. H. . (2023). UPAYA GURU DALAM MENGATASI DISLEKSIA PADA SISWA KELAS VI DI SD ALWASHLIYAH 52 DESA PEMATANG JOHAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3509–3512. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22895