MODEL PERAN GURU DALAM MENGATASI SISWA/I SEKOLAH DASAR YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR

Authors

  • Irma Nadiera Yvonne UIN Sumatera Utara
  • Putri Fadilah Hasibuan UIN Sumatera Utara
  • Syaiful Izhar Dalimunthe UIN Sumatera Utara
  • Yasmin Izzatunnisa UIN Sumatera Utara
  • Maulida Hasnah Anas UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22828

Keywords:

Peran Guru, Kesulitan Belajar

Abstract

Kesulitan belajar adalah kegagalan dalam mencapai tujuan belajar, ditandai dengan prestasi belajar yang rendah (nilai yang diperoleh kurang dari tujuh puluh lima). Oleh sebab itu, peran dan tanggung jawab guru sangat penting dan kompleks dalam proses pembelajaran. Guru sering menemukan masalah yang dihadapi siswa saat melakukan pembelajaran. Siswa kelas satu di sekolah dasar lebih sering mengalami kesulitan akademik bahkan pada siswa kelas lima pun masih ada yang kesulitan dalam belajar, seperti kesulitan menulis, membaca, dan berhitung. Untuk diagnosis kesulitan belajar, kasus, masalah, dan penyebabnya harus diidentifikasi. Dengan pembiasaan terus menerus, masalah belajar akademik siswa di kelas satu sekolah dasar dapat diantisipasi. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan latar belakang yang ada di beberapa Sekolah Dasar yang menunjukkan terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar. Tujuan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengatasi siswa/I nya yang mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini yaitu beberapa Sekolah Dasar yang mengalami kesulitan belajar dan satu guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesulitan belajar yang dialami siswa/I disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi dan bagaimana peran guru dalam mengatasi hal tersebut.

References

Anggraeni, S. T. (2020). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar),, 25-37.

Maryani, I. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Bandung: K-Media.

Munirah. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 111-127.

Ndraha, A. ,. (2022). Peran Guru PAK Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Alkitab Siswa. HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1-12.

Novita, S. ,. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5969-5975.

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Wade Group.

Supriyanto., S. E. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO DALAM MATERI MANUSIA PURBA DI INDONESIA). Jurnal Swarnadwipa, 13-26.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Yvonne, I. N. ., Hasibuan, P. F. ., Dalimunthe, S. I. . ., Izzatunnisa, Y., & Anas, M. H. . (2024). MODEL PERAN GURU DALAM MENGATASI SISWA/I SEKOLAH DASAR YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2826–2833. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22828