PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104197 DESA KELAMBIR

Authors

  • Leni Malinda Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Nizmi Putri Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Najwa Putri Hasibuan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22811

Keywords:

Model Pembelajaran, Predict-Observe-Explain, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan  model pembelajaran Predict-Observe-Explain dalam mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 104197 Desa Klambir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V C SD Negeri 104197 Desa Klambir yang berjumlah 57 siswa, terdiri dari 29 siswa kelas V A (kelas kontrol) dan 28 siswa kelas V C (kelas eksperimen). Instrumen penelitian berupa tes, yaitu pre-test dan post-test sebanyak 20 soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yang berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penyajian data dan analisis data terkait penelitian hasilnya menunjukkan bahwa data diambil dari populasi yang berdistribusi normal (sig. 0,090 > 0,05) dan data diambil bukan dari populasi yang memiliki variansi sama (Sig. Based on Mean 0,000 < 0,05). Selanjutnya data di analisis dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran POE terhadap hasil belajar pelajaran IPA pada materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas V C di SD Negeri 104197 Desa Klambir.

References

Abdullah, M. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan 1, September. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Aida,Tantin Noor dan Anggoro Subuh dan Andriani Ana. Analisis Berpikir Kritis Siswa Melalui Model POE (Predict-Observe-Explain) di Sekolah Dasar. Jurnal Elemantaria Edukasia 2 (2). 2019:162-172.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hartono. 2008. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Latief, Hilman dan Dede Rohmat dan Epon Ningrum. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen) Pada Mata Pelajaran Geografi kelas VIII Di SMPN 4 Padalarangan. Jurnal Geo 14 (2). 2014.

MM, Dr. Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Moestofa, Mochamad dan Melni Sondang. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2 (1). 2013.

Novanto, Yogi Setya dan Rien Anitra dan Fajar Wulandari. Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD. (1). 2021: 205-2011.

Nurliana, Aneu dan Roni Rodiyana dan Yuyun Dwi Haryanti. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. (1). 2019:776-786.

Prabawa, Kadek Angga dan Ni Ketut Suarni, I Gede Margunayasa. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN di Desa Ringdikit. Mimbar PGSD Undiksha 2 (1). 2014.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Riduwan 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosdianto, Haris. Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. Vol. 6. No. 1. 2018.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samidi dan Istarani. 2016. Kompetensi & Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gragindo Persada.

Sudjito, Ernasari dan Muchtar Ibrahim dan Suhar. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 1 (2). 2014.

Sugiyanto. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______ 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Ating dan Sambas Ali Muhidin. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Suwarno. Perbedaan Metode Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Journal of Islamic Accounting and Tax. E-ISSN: 2620-9/44. 2018.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Yulianto, Eko dan Achmad Sopyan dan Agus Yulianto. Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kognitif Fisika SMP. Unnes Physics Education Journal 3 (3). 2014.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Malinda, L. ., Putri, N. ., & Hasibuan, N. P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104197 DESA KELAMBIR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3913–3921. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22811