STUDI LITERATUR: LANGKAH – LANGKAH PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PKN SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22746Keywords:
Pemetaan, Pedagosis, KontribusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang efektif dalam pemilihan dan penggunaan metode dan media pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan PKN) di tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini adalah penelitian literature review dengan jenis narrative literature. Kami melakukan pemetaan terhadap kebutuhan siswa dan karakteristik pembelajaran PKN yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa dan penggunaan media pembelajaran yang mendukung keterlibatan aktif siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep PKN. Format artikel pedagogis yang diusulkan memberikan panduan praktis bagi guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKN di tingkat SD dan memberikan landasan bagi penelitian lebih lanjut dalam pengembangan metode dan media pembelajaran yang inovatif.References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Hasibuan, A. T., Ananda, F., Mawaddah, M., Putri, R. M., & Siregar, S. R. A. (2022). Kreativitas Guru Menggunakan Metode Pembelajaran Pkn Di Sdn 010 Hutapuli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9946-9956.
Latifah, A. N. (2019). Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Nasution, A. J., Ritonga, A. P., & Sagala, D. I. S. (2023). Metode Pembelajaran PKN SD Al-Wasliyah 11 Amplas. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 140-150.
Nurfadhillah, S., Aldiansyah, A., Aulia, P. B., Octaviana, P., & Billah, S. (2021). Penggunaan Media Postern Utuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn pada Siswa SDN Cipete 4 Tangerang. PENSA, 3(2), 256-266.
Putri, D. P. (2020). Penggunaan metode pembelajaran Team Quiz sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452-458.
Sahertian, Piet A & Aleida Sahertian. 1992. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, H. Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saodah, S., Pratiwi, A. R., Pratiwi, S. A., & Halimah, S. (2020). Pengunaan Media dalam Pembelajaran PKn SD. PANDAWA, 2(3), 386-395.
Silebarman, L. Melvin. (2006). Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif). Bandung: Nuansa Cendekia.
Sudanta, I. W. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Bantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 7(2).
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia
Supardi, 2005. Pengembangan Profesi dan Ruang Lingkup Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
Syam, N. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Bermain Peran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tia Saputri , Mila Yunita, Jumita Marito, Ririza Maulina, Riska Aktaviana, Tia Saputri, Budi Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.