ANALISIS KEBIJAKAN TENTANG SD-SMP NEGERI SATU ATAP DAN APLIKASINYA DALAM PELAKSANAAN WAJIB BELAJAR 9 TAHUN DI KABUPATEN KUPANG

Authors

  • Marthen Tabun Universitas Muhammadyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22549

Keywords:

Kualifikasi Guru, Kompetensi Guru, Respon Masyarakat

Abstract

Distribusi guru yang tidak merata terutama daearah terpencil, terpencar dan terisolir di Kabupaten Kupang dan kewenangan mengajar guru-guru SD-SMP Negeri Satu Atap 75% tidak memiliki kualifikasi S-1/DIV mengakibatkan rendahnya mutu pendidikan di kabupaten Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan guru, kualifikasi, kompetensi profesi guru SD-SMP Negeri Satu Atap serta respon masyarakat tentang kehadiran SD-SMP Negeri Satu Atap di Kabupaten Kupang. Penelitian  ini menggunakan metode deskriptif kualitatif . Populasi penelitian ini adalah seluruh SD-SMP Negeri Satu Atap di Kabupaten Kupang berjumlah 21 sekolah dan sampelnya adalah 5 sekolah. Hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaksi Milles dan Huberman. Penelitian menemukan bahwa kuantitas guru SD-SMP Negeri Satu Atap Kabupaten Kupang masih kurang dan proses distribusi guru tidak disesuaikan dengan kondisi geografis Kabupaten Kupang yang terpencil, terpencar dan terisolir. Kualifikasi guru SD-SMP Negeri Satu Kabupaten Kupang terdiri dari 25% guru berkualifikasi S-1, D-IV dan 75% berkualifikai SMA, PGSLTP, PGSD, D-2 dan sederajat. Kompetensi profesi guru SD-SMP Negeri Satu Atap Kabupaten Kupang dinilai kurang, dengan urutan yang paling rendah adalah kompetensi paedagogik dan kompetensi professional pada proses pembelajaran di kelas. Respons dari masyarakat tentang kehadiran SD-SMP Negeri Satu Atap pada dasarnya mendukung sikap pemerintah pusat dalam proses pelayanan pendidikan khusus Kabupaten Kupang. Disarankan guru dapat meningkatkan kompetensi profesi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti mengikuti seminar, workshop, MGMP Gugus dan MGMP Sekolah.

References

Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang. (2005). Profil Pendidikan Kabupaten Kupang 2005. Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang.

Freire, P. (2000). Pendidikan Kaum Tertindas. LP3ES.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, 1 (2005). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49369/pp-no-19-tahun-2005

UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, 1 (2005). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Tabun, M. . (2023). ANALISIS KEBIJAKAN TENTANG SD-SMP NEGERI SATU ATAP DAN APLIKASINYA DALAM PELAKSANAAN WAJIB BELAJAR 9 TAHUN DI KABUPATEN KUPANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3152–3159. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22549