ANALISIS KEBIJAKAN TENTANG SD-SMP NEGERI SATU ATAP DAN APLIKASINYA DALAM PELAKSANAAN WAJIB BELAJAR 9 TAHUN DI KABUPATEN KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22549Keywords:
Kualifikasi Guru, Kompetensi Guru, Respon MasyarakatAbstract
Distribusi guru yang tidak merata terutama daearah terpencil, terpencar dan terisolir di Kabupaten Kupang dan kewenangan mengajar guru-guru SD-SMP Negeri Satu Atap 75% tidak memiliki kualifikasi S-1/DIV mengakibatkan rendahnya mutu pendidikan di kabupaten Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan guru, kualifikasi, kompetensi profesi guru SD-SMP Negeri Satu Atap serta respon masyarakat tentang kehadiran SD-SMP Negeri Satu Atap di Kabupaten Kupang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif . Populasi penelitian ini adalah seluruh SD-SMP Negeri Satu Atap di Kabupaten Kupang berjumlah 21 sekolah dan sampelnya adalah 5 sekolah. Hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaksi Milles dan Huberman. Penelitian menemukan bahwa kuantitas guru SD-SMP Negeri Satu Atap Kabupaten Kupang masih kurang dan proses distribusi guru tidak disesuaikan dengan kondisi geografis Kabupaten Kupang yang terpencil, terpencar dan terisolir. Kualifikasi guru SD-SMP Negeri Satu Kabupaten Kupang terdiri dari 25% guru berkualifikasi S-1, D-IV dan 75% berkualifikai SMA, PGSLTP, PGSD, D-2 dan sederajat. Kompetensi profesi guru SD-SMP Negeri Satu Atap Kabupaten Kupang dinilai kurang, dengan urutan yang paling rendah adalah kompetensi paedagogik dan kompetensi professional pada proses pembelajaran di kelas. Respons dari masyarakat tentang kehadiran SD-SMP Negeri Satu Atap pada dasarnya mendukung sikap pemerintah pusat dalam proses pelayanan pendidikan khusus Kabupaten Kupang. Disarankan guru dapat meningkatkan kompetensi profesi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti mengikuti seminar, workshop, MGMP Gugus dan MGMP Sekolah.References
Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang. (2005). Profil Pendidikan Kabupaten Kupang 2005. Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang.
Freire, P. (2000). Pendidikan Kaum Tertindas. LP3ES.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, 1 (2005). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49369/pp-no-19-tahun-2005
UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, 1 (2005). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marthen Tabun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.