PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SMPN 14 KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Muhammad Yuliansyah Universitas Islam Kalimantan M A B
  • Kasypul Anwar Universitas Islam Kalimantan M A B

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22486

Keywords:

E-learning, Hasil Belajar, Kreativitas Guru

Abstract

Berbicara masalah guru yang baik dalam konotasi kualitas pribadi ( agood teacher), atau guru yang berhasil (a successfull teacher), dan ada pula yang berbicara tentang guru yang efektif (an effective teacher).  Sekarang perlu  memahami citra atau profil seorang guru, mengetahui statusnya di tengah masyarakat pendidikan yang selalu berubah secara tiba tiba dan mengejutkan sehingga  menempatkan peranan guru sebagai agen perubahan dan mengembangkan tanggung jawab secara moral serta berkomitmen  dan abstraksi yang tinggi dalam melakukan misi mendidiknya. Aspek kinerja guru, hasil survey awal menunjukkan bahwa kurangnnya (prestasi kerja, kemampuan kerja, penampilan kerja, produksi kerja, rendahnya disiplin kerja, rendahnya kreativitas) sebagai indikator yang terlihat waktu itu adalah tingkahlaku atau perbuatan yang tampak dari guru-guru kurang menunjukkan kinerja yang seharusnya.

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Ani Widayati, 2013, Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Atas Swasta Babussalam Pekanbaru

Anwar, Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Azhari Zabir, 2016, Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smpn 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang

Creswell, John W. 2008. Educational Research, planning, conduting, and evaluating qualitative dan quantitative approaches. London: Sage Publictions

CNNIndonesia, 2020

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress

Elisa, Gita, 2017, Pengaruh Kepuasan Siswa Pada Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MAN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang

Ferismayanti, 2020, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Hamzah, B.U. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers

Husein Umar. 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi-2. Cetakan ke-13. Jakarta : Rajawali Pers.

Imron, A. (2009). 17 Jurus Mempelajari MYOB Accounting. Penerbit C.V Andi Offset (Penerbit Andi). Yoyakarta.

Irianto, Anton. (2005). Kunci Sukses yang Tak Pernah Gagal. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social 229 media. Internet and Higher Education, 19, 18-26.

Kadir, A. dan Terra, Ch. T. (2005). Pengenalan Teknologi Informasi Penerbit C.V Andi Offset (Penerbit Andi). Yoyakarta

Korucu, A. T. and Alkan, A. (2011) ‘Differences between m-learning ( mobile learning ) and e-learning , basic terminology and usage of m-learning in education’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 15, pp. 1925–1930

Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education

Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tinkat Pemula dan Menengah. Yogyakarta: Gava Media

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. Unesa, 6(2), 1– 12.

Mona, N. (2020). Konsep isolasi data jaringan sosial untuk memanimalisasi efek contagious (Kasus penyebaran virus corona di Indonesia). Sosial humaniora terapan, 117-125 Vol 2 No 2

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education

Muhasim, 2017, Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Murhada. dan Yo Ceng Giap. (2011). Pengantar Teknologi Informasi. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Edisi Pertama. Penerbit Kencana. Jakarta.

Riduwan dan Engkos, A.K. (2013). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Penerbit PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Sugiono. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sutabri, Tata. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Penerbit C.V Andi Offset (Penerbit Andi). Yoyakarta.

Ubaedy, AN. (2008). Motivasi: Untuk Hidup yang Lebih Baik. Penerbit Bee Media Indonesia. Jakarta

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Yuliansyah, M., & Anwar, K. . (2023). PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SMPN 14 KOTA BANJARMASIN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4112–4118. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22486