SURVEI KONDISI FISIK ATLET SENAM LANTAI DI CLUB GYMNASTIC PERSANI PALEMBANG SUMATERA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22378Keywords:
Survei, Kondisi Fisik, Senam LantaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik atlet senam lantai di Club Gymnastic Persani Palembang Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan pengambilan data adalah kuantitatif dengan metode analisis pendekatan deskriptif. Hasil penelitian survei kondisi fisik atlet senam lantai Club Gymnastic Persani Palembang Sumatera Selatan di kategorikan baik sekali hal ini di buktikan dengan hasil tes yang di dominasi baik sekali 15 orang (75%), dan di kategorikan baik 5 orang (25%). Maka dari pengambilan 4 tes tersebut dapat di simpulkan bahwa kondisi fisik para atlet senam lantai di Club Gymnastic Persani Palembang Sumatera Selatan di kagtegorikan sangat baik dan dari beberapa tes memang para atlet senam lantai memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan tes dan pada saat pengambilan tes para atlet bersiap untuk kejuaraan pra pon jadi para atlet dalam kondisi yang sangat baik sekali dan mempunyai motivasi yang sangat bagus meskipun memang ada beberapa atlet yang sedikit kesulitan karena baru bergabung di club. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa hasil survey tes kondisi fisik atlet enam lantai di Club Gymnastic Persani Palembang Sumatera Selatan memberikan dampak yang sangat positif bagi pelatih dan atlet. Pelatih dapat membantu dalam membuat dan menyusun ulang program latihan yang sudah ada dan bagi atlet dapat meningkatkan motivasi dalam meraih prestasiReferences
Algustin, Al., Mallini, S., Indrialni, R. Al. R. F., Haltidalh, H., & Purwalnto, M. B. (2023). Pelaltihaln Pengolalhaln Daltal Staltistik untuk Malhalsiswal. AlDM: Jurnall Albdi Dosen Daln Malhalsiswal, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.0000/aldm.v1i1.88
Algus Malhendral. (2001). Pembelaljalraln Senalm?: Pendekaltaln Polal Geralk Dominaln untuk Siswal SLTP / Algus Malhendral. Jalkalrtal Pusalt?: Direktoralt Jendrall Olalhralgal, 2001.
Alrikunto, S., & Jalbalr, C. S. Al. (2014). Evallualsi Progralm Pendidikaln: pedomaln teoritis pralktisi pendidikaln. Rienekal Ciptal.
Brialn, J., Galskill, S. (2013). Fitness & Heallth 7th Edition.
Halrsono, M., & Sugialntoro, G. (1988). Laltihaln Kondisi Fisik. Balndung: AlNKOR-MENPORAl-(SORI)
Hindal Zhalnnisal, U., & Sugiyalnto, F. (2015). Model Tes Fisik Pencalrialn Balkalt Olalhralgal Bulutalngkis Usial Di Balwalh 11 Talhun Di Diy. Jurnall Keolalhralgalaln, 3(1), 117–126
Huslalh, H., & Halriyalnto, E. (2020). Survei Tingkalt Kebugalraln Jalsmalni Altlet Puslaltcalb Senalm Lalntali Usial 10-12 Talhun. Gelalnggalng Pendidikaln Jalsmalni Indonesial, 4(1), 45. https://doi.org/10.17977/um040v4i1p44-51.
Iralwaln, M. Al. (2007). Nutrisi, Energi, & Performal olalhralgal. Polton Sport Science & Performalnce Lalb, 1, 1–13
Malhendral, I. R. (2014). Falktor Kondisi Fisik Dominaln Penentu Prestalsi Bermalin Tenis Mejal (Alnallisis Falktor Fleksibilitals Pergelalngaln Talngaln, Fleksibilitals Pinggul, Walktu Realksi, Koordinalsi Maltal Talngaln, Kelincalhaln , daln Power Otot Lengaln Paldal Malhalsiswal.Pembinalaln Prestalsi Tenis Mejal. Universitals Sebelals Malret Suralkalrtal.
Munalrdi, M. (2022). Meningkaltkaln Halsil Belaljalr PJOK Malteri Senalm Lalntali dengaln Menggunalkaln Metode Demonstralsi di Kelals IV SD Negeri 28 Palyalkumbuh Semester Genalp T.P 2021/2022. Journall on Educaltion, 5(1), 1465–1471. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.774
Ningsih, H. P., & Jaltmiko, T. (2021). Identifikalsi Kondisi Fisik Terhaldalp Altlet Gulalt Putral Suralbalyal Wrestling Club Paldal Malsal Palndemi Covid-19. Jurnall Prestalsi Olalhralgal, 96–104. https://ejournall.unesal.alc.id/index.php/jurnall-prestalsi-olalhralgal/alrticle/view/42605
Novitalsalri, Al. (2016). Definisi Altlet. Definisi Altlet, 3, 1–12. http://lib.ui.alc.id/file?file=digitall/125443-S-5720-Hubungaln kalralkteristik-Literaltur.pdf.
Pertiwi, C. T. Juni. (2012). Profil Kondisi Fisik Altlet Alnggalr di Kalbupalten Purworejo Jalwal Tengalh. Universitals Negeri Yogyalkalrtal
Primal, P. (2021). Survei Kondisi Fisik Altlet Paldal Berbalgali Calbalng Olalhralgal. Jurnall Unnesal, 9(1), 61–70.
Prof, J., Nalwalwi, H. H., Lalut, B., Tenggalral, K. P., & Pontialnalk, K. (2023). Jurnall dunial pendidikaln. 3.
Pujialnto, Al. (2015). Profil Kondisi Fisik daln Keteralmpilaln Teknik Dalsalr Altlet Tenis Mejal Usial Dini di Kotal Semalralng. Journall of Physicall Educaltion, Heallth alnd Sport, 2(2), 38–43. https://doi.org/10.1016/j.ejogrb.2012.06.022.
Purwalnto, M. B., & Halndalyalni, T. S. (2022). Penyuluhaln Kegialtaln Olalh Ralgal Malsyalralkalt RT. 29. RW. 10 Kotal Pallembalng. Jurnall Malsyalralkalt Mengalbdi Nusalntalral, 1(4), 118–123. https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i4.89
Salhrul. (2018). AlRTIKEL PENGAlRUH LAlTIHAlN SIT UP , LAlTIHAlN BAlCK LIFT DAlN PERCAlYAl DIRI TERHAlDAlP KEMAlMPUAlN MENYUNDUL BOLAl PAlDAl PERMAlINAlN SEPAlKBOLAl SISWAl SMAl NEGERI 3 BAlNTAlENG THE INFLUENCE OF SIT UP EXERCISE , BAlCK LIFT EXERCISE AlND CONFIDENT ON HEAlDING BAlLL AlBILITY IN SOCC.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitialn kualntitaltif, kuallitaltif daln R & D.
Sukmaldinaltal, N. S. (2011). Metode penelitialn pendidikaln / Nalnal Syalodih Sukmaldinaltal. Balndung?: Remaljal Rosdalkalryal, 2011.
Triyalsalri, Al., & Soekalrdi, S. K. S. (2016). Journall of Physicall Educaltion alnd Sport EVAlLUAlSI PEMBINAlAlN OLAlHRAlGAl SENAlM AlRTISTIK DI KLUB SENAlM KAlBUPAlTEN PAlTI DAlN KAlBUPAlTEN REMBAlNG Info Alrtikel. 41 Jpes, 5(1), 41–46. http://journall.unnes.alc.id/sju/index.php/jpes
Walhyu Heny Kalrtikal Salri, Taltok Sugialrto, S. P. (2016). Pengembalngaln Pembelaljalraln Senalm Lalntali Ralngkalialn Sederhalnal Siswal Kelals VIII di SMP Negeri 2 ngoro Kalbupalten Mojokerto. Jurnall Pendidikaln Jalsmalni, 26(1), 1–15. http://journall.um.alc.id/index.php/pendidikaln-jalsmalni/alrticle/view/7726/3545
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mukhammad Faisol Ade Prastian, Syafaruddin Syafaruddin, Iyakrus Iyakrus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.