IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI SMK: STUDI KASUS TENTANG PEMANFAATAN ENERGI TERBARUKAN

Authors

  • Indang Retno Fourniyati SMK N 8 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22362

Keywords:

PjBL, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Energi Terbarukan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan fokus pada studi kasus pemanfaatan energi terbarukan. Pendekatan PjBL diadopsi untuk memperdalam pemahaman siswa mengenai konsep energi terbarukan melalui pengalaman praktis dan proyek kolaboratif. Metode penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mendokumentasikan dan mengevaluasi pelaksanaan PjBL dalam konteks mata pelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PjBL dapat meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan pemecahan masalah, dan pemahaman konsep energi terbarukan. Selain itu, studi kasus ini memberikan wawasan tentang tantangan yang mungkin dihadapi dan strategi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran proyek di lingkungan SMK. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis tentang penerapan PjBL dalam konteks pendidikan vokasional, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Implikasi hasil penelitian ini dapat membantu pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang lebih relevan dan efektif di SMK, dengan fokus pada pemanfaatan energi terbarukan sebagai topik utama.

References

Aji, K. P., & Bambang, A. N. (2019). Konversi Energi Biogas Menjadi Energi Listrik Sebagai Alternati Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan di Desa Langse, Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Prosiding SENTIKUIN (Seminar Nasional Teknologi Industri, Lingkungan Dan Infrastruktur), 2, B4.1-B4.7. https://pro.unitri.ac.id/index.php/sentikuin/article/view/149

Alifa, D. M., Azzahro, F., & Pangestu, I. R. (2018). Penerapan Metode STEM (Science, Technology, Engineering, Mathemathic) Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Gas Ideal. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 88–109.

Amin, S. (2016). Mikroalgae Sebagai Sumber Energi Terbarukan Yang Ramah Lingkungan. Jurnal Teknologi Lingkungan, 10(1), 42. https://doi.org/10.29122/jtl.v10i1.1502

Amir, N., Efendy, M., Akhmad, S., Wahyu, F. M., & Firman Surya Putra, R. (2023). Optimalisasi Penggunaan Energi Terbarukan untuk Desa Mandiri Energi dan Ramah Lingkungan. Rekayasa, 16(1), 42–48. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v16i1.19119

Ariyatun, A. (2021). Analysis of Ethno-STEM Integrated Project Based Learning on Students’ Critical and Creative Thinking Skills. Journal of Educational Chemistry (JEC), 3(1), 35–44. https://doi.org/10.21580/jec.2021.3.1.6574

Ariyatun, A., Sudarmin, S., & Triastuti, S. (2020). Analysis Science Literacy Competency of High School Student Through Chemistry Learning Based on Projects Integrated Ethnoscience. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290321

Desnita, D. (2015). Kurikulum Tersembunyi Lingkungan di dalam Materi Energi Terbarukan untuk Fisika SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 7–12. https://doi.org/10.21009/1.01202

Dian, Sutikno, & Masturi. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa melalui Elektroskop Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 4, 19–24.

Ediana D. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Aplikasi dan Platform WEB: Kajian Literatur Terhadap Pengembangan Keterampilan Holistik Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 860–866.

Hadi, A., & Ramadhana, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VIII-A MTs Negeri 2 Makassar. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 46–54. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1228

Lubis, A. (2007). Energi Terbarukan Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Teknologi Lingkungan, 8(2), 155–162.

Maun, R. T., Togas, P. V., & Pratasik, S. (2022). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon. Edutik?: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 438–448. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5347

Natalia, D., Herpratiwi, Nurwahidin, M., & Riswandi. (2015). Pengembangan Modul IPAS Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 327–338. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329

Parinduri, L., & Parinduri, T. (2020). Konversi Biomassa Sebagai Sumber Energi Terbarukan. Journal of Electrical Technology, 5(2), 88–92. https://www.dosenpendidikan.

Prodi, D., & Ekonomi, P. (2016). Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Edunomic, 4(1).

Rahayu, S. M. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Sampah Daun dan Limbah Pertanian Menjadi Briket Biorang sebagai Sumber Energi Terbaru Ramah Lingkungan. Jurnal Abdidas, 2(4), 936–943. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.396

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. As-Sabiqun, 4(1), 115–131. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1683

Sari, N. I. P., & Lestari, L. (2023). Improving Concept Understanding of Natural and Social Science Materials Through Project-Based Learning in Elementary Schools. El Midad?: Jurnal Jurusan PGMI, 15(1), 43–57. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/6974

Sudarmin, S., Kurniawan, C., N, P., . M., . A., & I, N. (2019). The Implementation of Chemical Project Learning Model Integrated with Ethno-Stem Approach on Water Treatment Topic Using Kelor (Moringa oleifera) Seed Extract As Bio-Coagulant. KnE Social Sciences, 2019, 492–501. https://doi.org/10.18502/kss.v3i18.4740

Sudarmin, S., Pujiastuti, R. S. E., Asyhar, R., Tri Prasetya, A., Diliarosta, S., & Ariyatun, A. (2023). Chemistry project-based learning for secondary metabolite course with ethno-STEM approach to improve students’ conservation and entrepreneurial character in the 21st century. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 393. https://doi.org/10.3926/jotse.1792

Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv B Mi Model Panyabungan. ITTIHAD: Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, 5(1), 93–97.

Yulianti, Hartono, Y., & Santoso, B. (2015). Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Penyajian Data di Kelas IX. Jurnal Numeracy, 2(2), 1–12.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Retno Fourniyati, I. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI SMK: STUDI KASUS TENTANG PEMANFAATAN ENERGI TERBARUKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3653–3658. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22362