MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN PENGENALAN BERMACAM- MACAM BENTUK DI KELAS B

Authors

  • Eka Nur Halimah TK TUNAS SAWIT INDAH

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Pengenalan Bentuk

Abstract

Perkembangan kognitif anak adalah proses berfikir anak untuk meningkatkan intelegensi melalui kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan kejadian atau peristiwa, memecahkan masalah yang terjadi di masa yang akan datang. Kemampuan tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pengenalan bermacam-macam bentuk. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus kegiatan, setiap siklus dilakukan dengan 5 kali pertemuan Rancangan Kegiatan Harian (RKH). Penelitian ini dilakukan di Paud Terpadu Tunas Sawit Indah Kelompok B dengan jumlah anak 20 orang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 ank anak laki-laki, adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara : 1) observasi, 2) dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriftif. Dalam pelaksanaan Penilain Tindakan Kelas PTK data menunjukkan bahwa di Kelompok B kegiatan pengenalan bentuk pada siklus I menunjukkan bb 5%, mb 15%, bsh 25 %, bsb 55%. Kemudian terjadi perubahan yang signifikan pada siklus ke II menunjukkan bb 0%, mb 5%, bsh 15% dan bsb 80%. Hal ini terjadi dikarenakan kegiatan kegiatan pengenalan macam-macam bentuk sangat diminati anak dan dapat meningkatkan kemampuan anak dapat menyelesaikan masalah. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kemapuan kognitif anak Di TK Tunas Sawit Indah Kelompok B dapat dilakukan melalui kegiatan pengenalan bermacam-macam bentuk.

References

Andriyani, Durri, Dkk (2017), Metode Penelitian, Jakarta : Universitas Terbuka.

Aisyah, Siti, Dkk (2016), Pembelajaran Terpadu, Jakarta : Universitas Terbuka.

Aisyah, Siti, Dkk (2016), Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Universitas Terbuka.

Hildayani, Rini, dkk (2014), Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta : Universitas Terbuka.

http://karib.ayobai.org/2013/05/arti-dan-makna-bentuk.ht diakses tanggal 3 April 2017.

http://www.membumikanpendidikan.com/2015/10/contoh-kegiatan-pembelajaran-bidang-pengembangan-kognitif.html diakses tanggal 3 April 2017.

https://www.scribd.com/doc/64994206/1-pengertian-bentuk diakses tanggal 3 April 2017.

Masitoh, dkk (2014), Strategi Pembelajaran TK, Jakarta : Universitas Terbuka. Montolalu, B.E.F, dkk (2015), Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta :Universitas Terbuka.

Nurani, Yuliani, S, dkk (2014), Metode Pengembangan Kognitif, Jakata : Universitas Terbuka.

Suryana, Dadan, Nenny Mahyudin (2014), Dasar-Dasar Pendidikan TK, Jakarta : Universitas Terbuka.

Tim PKP PG-PAUD, (2017), Panduan Pemantapan Kemampuan Professional, Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardhani IGAK, Kuswaya Wihardit (2016), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Universitas Terbuka.

Zaman , Badru,Asep Heri Hernawan (2015), Media dan Sumber Belajar PAUD, Jakarta :Univesitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Halimah, E. N. . (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN PENGENALAN BERMACAM- MACAM BENTUK DI KELAS B. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 145–148. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22081