EFEKTIVITAS SENAM IRAMA BERNADA TERHADAP KETRAMPILAN MOTORIK ANAK USIA DINI

Authors

  • Nadia Desturia Rahmadarni Universitas Sriwijaya
  • Meirizal Usra Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22039

Keywords:

Senam Irama Bernada, Keterampilan Motorik, Pendidikan Anak Usia Dini, Efektivitas.

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini Untuk mengetahui Keefktifan, pengembangan model gerakan Senam Irama Bersama Nadia terhadap Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini menghasilkan suatu produk media CD/DVD dan Buku Panduan Senam irama yang berisi model gerakan senam irama yang akan meningkatkan minat dan motivasi anak dalam melakukan gerakan senam di TK IT Mutiara. Tahap 1 (Analisis) yaitu digunakan untuk mengindentifikasikan masalah yang dihadapi, pada tahap ini dilakukan yaitu analisis kebutuhan dan karakteristik anak. Dari analisis kebutuhan ketahui bahwa terbatasnya minat anak dalam melakukan gerakan senam. tahap 2 (Design) selanjutnya yaitu setelah melakukan analisis permasalahan barulah kemudian mendesain model gerakan senam irama yang berupa sebuah video gerakan senam irama. Tahap selanjutnya yaitu tahap 3 (Development) pada tahap pengembangan ini meliputi validasi dengan menggunakan lembar validasi yang dilakukan oleh validator ahli yakni Ahli Senam. Tahap berikutnya yaitu tahap ke 4 (Implementasi) yaitu melakukan uji coba terhadap anak TK IT Mutiara dengan 16 anak. Berikutnya tahapan terahir dari model pengembangan ADDIE yaitu tahap ke 5 (Evaluasi) yaitu tersusunlah produk akhir dari pengembangan model gerakan senam irama pada TK IT Mutiara Palembang.

References

Albdillal, D. alulial. (2022). Implementalsi geralkaln senalm iralmal paldal alnalk usial 4-5 talhun di RAl All-IHSAlN kalsik putih kalbupalten alceh selaltaln.

allifialnal, L. (n.d.). Pengalruh kegialtaln senalm iralmal terhaldalp perkembalngaln motorik kalsalr alnalk usial 5-6 talhun kelompok B TK Alrni kecalmaltaln kalliwaltes Kalbupalten Jember Talhun Pelaljalraln 2018/2019

Alulial, Al. (2021). Pengembalngaln model geralkaln senalm cerial berbalsis multimedial di Palud Thiflalh Alceh Besal usial 5-6 talhun.

BAlB II KAlJIAlN PUSTAlKAl. (n.d.).

Dwi Alnggralini, D., & Pd, M. (n.d.). Perkembalngaln Fisik Motorik Kalsalr Alnalk Usial dini.

Desni Yunialrni, (2019). “Pengembalngaln Multimedial Interalktif Video Senalm Alnimalsi Berbalsis Budalyal Khals kallimalntaln Balralt”, Jurnall Obsesi, 4(1).

Elnalwalti. (2016). Efektivitals pembelaljalraln senalm iralmal dallalm meningkaltkaln kecerdalsaln kinestik jalsmalni alnalk.

fetrialnalnigtyals, M. dwi. (n.d.). Pengalruh Metode Senalm iralmal terhaldalp motorik kalsalr alnalk usial 5-6 talhun di KB Faltimaltuz. Irfalh2, S. Al. (n.d.). Jurnall Tunals Cendekial. 0849, 70–78.

Jalsmalni, P., & Talnjungpural, U. (2022). Volume 11 Nomor 9 Talhun 2022 Hallalmaln 1560-1567 MODEL GERAlK SENAlM IRAlMAl UNTUK PESERTAl DIDIK SEKOLAlH DAlSAlR. 11, 1560–1567. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.58097

Kemdikbud, K. P. (n.d.).Direktoralt Pembinalaln Pendidikaln Alnalk Usial Dini. 021.

Kemendikbud. (2020). Bugalr dengaln Geralk Beriralmal Modul Temal 14.

lestalri, alnisal alyu. (2015).Hubungaln alntalral laltihaln senalm iralmal dengaln kemalmpualn melalkukaln geralkaln yalng terkoordinalsi paldal alnalk usial 5-6 talhun

Malghfiroh, S. T. (n.d.).Upalyal Meningkaltkaln motorik kalsalr alnalk usial 5-6 talhun melallui kegialtaln senalm iralmal. http://ejournall.unipmal.alc.id/index.php/JPAlUD

Malryuqoh, S., & Sutalpal, P. (2022). Pengembalngaln Model Senalm Si Buyung untuk peningkaltaln kemalmpualn motorik kalsalr alnalk. 6(3), 2345–2358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2126

Malsyhud, M, Sulthon, (2016). Metode Penelitialn Pendidikaln. Jember: Lembalgal Pengembalngaln Malnaljemen daln Prodesi Kependidikaln (LPMPK).

Ode Halrtinal, W., & Albubalkalr, S. R. (2019). Meningkaltkaln Ketralmpilaln motorik kalsalr alnalk melallui kegialtaln senalm iralmal . 2(1).

Salri, suci permaltal. (2016). Upalyal Meningkaltkaln Ketralmpilaln motorik kalsalr melallui senalm iralmal paldal alnalk kelompok Al TK Pertiwi 21.1 Setdal Kalbupalten Sralgen .(Issue September).

Suhalrsimi alrikunto, (2012). Prosedur Penelitialn, Sualtu Pendekaltaln Pralktek, Jalkalrtal: PT Rinekal ciptal.

Suyaldi, (2015). Konsep Dalsalr PAlUD, Balndung: PT. Remaljal Rosdalkalryal.

Taltminingsih, S. (n.d.). Halkikalt Alnalk Usial Dini. 1–31.

Wulaln Yulikal, Palrwoto, Al. S. W. Al. (2021).Pengembalngaln Video senalm iralmal interalktif terhaldalp motorik kalsalr alnalk usial 5-6 talhun. 6409(229), 5–6.

Yudi Halrialnto, Sugialnti, (2020). Penelitialn Pengembalngaln Model AlddR2D2 teori Daln Peralktek, Kotal Palsurualn: Perum Sekalr Indalh.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Rahmadarni, N. D. ., & Usra, M. . (2023). EFEKTIVITAS SENAM IRAMA BERNADA TERHADAP KETRAMPILAN MOTORIK ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2535–2544. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22039